Piala Asia 2023

PSSI Bingung Elkan Baggott Jadi Penyerang saat Indonesia Lawan Jepang

Kejadian unik terjadi saat timnas Indonesia kalah dari Jepang 1-3 pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1) malam

Featured-Image
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

bakabar.com, JAKARTA - Kejadian unik terjadi saat timnas Indonesia kalah dari Jepang 1-3 pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1) malam.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memutuskan memainkan bek Elkan Baggott sebagai penyerang di babak kedua.

Pemain klub Inggris Ipswich Town itu dimasukkan oleh Shin Tae-yong pada menit ke-73 dengan menggantikan Egy Maulana Vikry yang mengalami cedera cukup serius.

Keputusan itu tentu membuat wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali bingung. Apalagi, peran Baggott sebagai penyerang tak banyak memberi dampak positif dengan ketajaman Indonesia.

Baca Juga: Kalah 1-3 dari Jepang, Indonesia Masih Bisa Lolos?

Tim Garuda tetap kalah 1-3 dari Jepang, meski Sandy Walsh berhasil mencetak gol hiburan memanfaatkan kelengahan pertahanan lawan pada menit ke-91.

“Saya tidak tahu apa strateginya STY sampai mendorong Baggott ke depan, padahal dia belum pernah dalam posisi itu dan dia kelihatan seperti apa ya,” kata Zainudin Amali usai nonton bareng dengan media di GBK Arena, Jakarta.

Dalam daftar pemain yang diumumkan, timnas memang masih memiliki dua penyerang yakni Hokky Caraka dan Dendy Sulistyawan.

Sampai peluit panjang pertandingan kontra Jepang berbunyi, kedua penyerang itu tidak dimainkan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Fokus Lawan Jepang, Shin Tae-yong Tak Peduli Hasil Lain

Meski bingung dengan keputusan Pelatih Shin, Zainudin Amali memilih untuk percaya bahwa apa yang diramu oleh arsitek tim asal Korea Selatan itu memang untuk kebaikan tim.

“Cuma kan kita gak tahu apa yang ada di pikiran pelatih. Ya kita percaya saja kepada apa yang diputuskan pelatih,” lanjut Zainudin Amali

Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke 16 besar Piala Asia. Hal itu dapat terwujud jika tim peringkat ketiga Grup F Oman, kalah atau bermain imbang saat melawan Kirgistan.

“Ya inilah tidak enaknya kalau nasib kita ditentukan oleh yang lain” ujar Zainudin Amali.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023

Selain itu pertandingan yang dilakoni tim peringkat ketiga Grup E Bahrain, juga dapat berpengaruh kepada kelolosan Indonesia.

Bahrain saat ini memiliki koleksi poin yang sama dengan Indonesia di klasemen mini antar tim peringkat ketiga, yakni tiga poin.

Namun Bahrain memiliki selisih gol yang lebih baik daripada Indonesia, yakni -1, sedangkan Indonesia -3.

Jika Bahrain kalah lebih dari tiga gol pada pertandingan terakhirnya melawan Jordania, Indonesia berpeluang lolos ke 16 besar.

Baca Juga: Gaya Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam

Pertandingan Oman melawan Kirgistan akan dimainkan pada Kamis (25/1) di Stadion Abdula bin Khalifa, Doha, pukul 22.00 WIB.

Laga Bahrain kontra Jordania akan dimainkan lebih awal yakni pada pukul 18.30 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner