Asian Games 2022

Profil Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Penyumbang Emas Pertama Indonesia

Nama Muhammad Sejahtera Dwi Putra tengah menjadi pembicaraan hangat. Pria yang akrab disapa Tera itu mengukir sejarah bagi kontigen Indonesia di Asian Games

Featured-Image
Atlet menembak Indonesia Muhammad Sejahtera Dwi Putra meraih medali emas di Asian Games 2022, Senin (25/9). Foto: NOC Indonesia

bakabar.com, JAKARTA – Nama Muhammad Sejahtera Dwi Putra tengah menjadi pembicaraan hangat. Pria yang akrab disapa Tera itu mengukir sejarah bagi kontingen Indonesia di Asian Games 2022.

Atlet menembak Indonesia itu sukses menyumbangkan emas perdana bagi Indonesia di Asian Games kali ini.

Perolehan emas tersebut berhasil ia raih dari cabang olahraga (cabor) menembak, usai dirinya menduduki posisi teratas di nomor Shooting-Men’s 10m Running Target.

Tera berhasil menyabet medali emas usai mencatatkan skor apik 578-15x dalam pertandingan yang berlangsung di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou, Senin (25/9).

Baca Juga: Muhammad Sejahtera Sumbang Emas Perdana Indonesia di Asian Games 2022

Atas penampilan tersebut, atlet berusia 26 tersebut meraih medali emas pertama untuk Indonesia di ajang multi event terbesar se-Asia tersebut.

Selain medali emas, Tera juga menambah perolehan medali perunggu dari nomor 10 meter running target team bersama Muhammad Badri Akbar dan Irfandi Julio. Ketiganya meraih skor total 1667 untuk 33 kali tembakan.

Medali emas di nomor team ini diraih Korea Selatan dengan 1668 poin dari 39 kali tembakan. Sedangkan perak direbut Korea Utara lewat 1668 poin dari 29 kali tembakan.

Bagi Tera, perolehan medali tersebut bukan yang pertama diraihnya di Asian Games. Sebelumnya, ia mempersembahkan medali perak bagi Indonesia di cabor menembak pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Pelambang.

Capaian itu sekaligus membuat Tera menorehkan sejarah untuk cabor menembak yang meraih medali emas sejak dipertandingkan di Asian Games 1954.

Baca Juga:Tim Bulu Tangkis Indonesia Siap Ulangi Kesuksesan di Asian Games 2022

Untuk diketahui, Tera merupakan seorang atlet menembak profesional milik Indonesia yang merupakan kelahiran Jakarta.

Pria yang lahir 13 April 1997 silam itu tumbuh dan besar di Bekasi Timur. Ia lahir dari anak seorang Ayahnya PNS dan seorang Ibu rumah tangga.

Tera menjadi satu-satunya anggota keluarga yang berprofesi sebagai atlet yang merupakan anak kedua dari empat bersaudara.

Karir atlet menembaknya bermula kala dirinya menekuni olahraga menembak saat masih duduk di bangku kuliah saat di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 2014 lalu.

Baca Juga: Edgar Xavier Sumbang Perak Pertama Indonesia di Asian Games 2022

Kala usianya yang masih menginjak 17 tahun, ia mulai mengikuti program pencarian atlet untuk kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat pada 2016. Saat itu, Tera bertemu dengan Masuri yang menjadi pelatihnya saat ini.

Selain berkiprah di Asian Games untuk mengharumkan nama bangsa Merah Putih, ia juga pernah menyabet medali emas pada ajang SEA Games 2021, dan juga ajang kejuaraan dunia menembak beberapa tahun belakangan ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner