Piala Dunia 2022

Profil Ahmad bin Ali Stadium, Venue Piala Dunia 2022 Cerminan Negara Qatar

Stadion Ahmad Bin Ali menjadi cerminan dari Qatar, karena bisa dibilang stadion yang berada di tepi gurun, mempresentasikan negara tuan rumah Piala Dunia 2022.

Featured-Image
Foto: qatar2022.qa

bakabar.com, JAKARTA – Kurang satu bulan lagi Piala Dunia 2022 Qatar akan segera dimulai, Ahmad bin Ali Stadium menjadi salah satu venue bagi gelaran sepak bola terbesar di dunia itu.

Stadion Ahmad Bin Ali menjadi cerminan dari Qatar sendiri, karena bisa dibilang stadion yang berada di tepi gurun ini mempresentasikan negara tuan rumah Piala Dunia 2022.

Tepian gundukan gurun melekat dengan hati penduduk sekitar, berdiri 20 km barat dari pusat Doha tepatnya berada di daerah Ar-Rayyan dan rumah bagi klub sepak bola Qatar, Al Rayyan SC.

Pattern Design dan Ramboll berkolaborasi untuk membuat sketsa dari stadion ini. Terdapat pola pada stadion serta bangunan di sekitarnya yang biasa ditemukan di bangunan arsitektur khas agama islam yang mencerminkan aspek budaya dan tradisi lokal.

Baca Juga: Lionel Messi Semakin Mendekati Rekor Gol Sepanjang Masa Milik CR7 di Liga Champions

Eksterior bangunan yang rumit mengilustrasikan gelombang bukit pasir sementara pola geometris yang unik mencerminkan keindahan gurun, flora dan fauna asli, serta perdagangan lokal dan internasional.

Stadion ini dibangun pada 2003, tetapi pada 2015 dirobohkan dan lebih dari 80 persen bahan kontruksi berasal dari stadion lama yang sebelumnya menempati lokasi tersebut, sementara pohon-pohon yang ada juga dipertahankan dengan hati-hati.

Awal 2016 Ahmad bin Ali Stadium dibuka kembali untuk publik pada 18 Desember 2020, namanya diambil dari Emir Qatar yang berkuasa rentang 1960-1972.

Jika dilihat dari luar, stadion dikelilingi layar yang bersinar dengan warna yang berubah-ubah dilengkapi hiasan logam beserta motif khas dari Qatar, terdapat pola perisai yang menunjukkan kekuatan dan kesatuan.

Baca Juga: Liga Champions: Borussia Dortmund dan Manchester City Berbagi Tiket 16 Besar

Bangku tribun memiliki warna merah dan hitam sesuai dengan ciri khas dari klub Al-Rayyan Sc, dengan kapasitas awal 21.000 kursi dan tambahan kapasitas menjadi 40.000 tempat duduk.

Seperti stadion yang lain, setelah Piala Dunia FIFA Qatar 2022 selesai, kursi dari tribun akan dibongkar dan diserahkan untuk pengembangan sepak bola negara yang membutuhkan.

Adapun fasilitas olahraga lainnya seperti pusat olahraga air, skate park, lapangan kriket, lintasan atletik, gym luar ruangan, tenis, serta taman bermain anak-anak.

Baca Juga: Takluk Melawan Benfica 3-4, Juventus Lengser ke Liga Europa

Terdapat kafe dan Mall of Qatar yang jaraknya tak begitu jauh dari stadion, akses perjalanan dapat melalui Doha Metro yang ramah lingkungan, setelah sampai di Stasiun Al Riffa, pengunjung bisa berjalan kaki di jalur hijau menuju stadion.

Ahmad bin Ali Stadium akan menjadi venue dari 7 laga piala dunia 2022, terdapat 6 laga pada fase grup, dan satu laga pada babak 16 besar meliputi:

21 November Grup B: AS vs Wales

23 November Grup F: Belgia vs Kanada

25 November Grup B: Wales vs Iran

27 November Grup B: Jepang vs Kosta Rika

29 November Grup B: Wales vs Inggris

1 Desember Grup F: Kroasia vs Belgia

3 Desember Babak 16 besar: 1C vs 2D

Editor


Komentar
Banner
Banner