SEA Games 2023

Presiden Jokowi Kucurkan Bonus Senilai Rp289 Miliar untuk Atlet SEA Games 2023

Presiden Joko Widodo menerima kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/6).

Featured-Image
Presiden Jokowi memberikan bonus kepada perwakilan para atlet yang berhasil meraih medali pada ajang SEA Games 2023 Kamboja, Senin (5/6). (Foto:dok.Setneg)

bakabar.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menerima kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/6).

Presiden Jokowi memberikan bonus total sebesar 289 Miliar rupiah kepada seluruh pahlawan olahraga yang sudah berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara di SEA Games 2023 Kamboja.

"Atas nama masyarakat, rakyat, bangsa dan negara, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar besarnya kepada semua, Baik atlet, pelatih, asisten pelatih, dan semua yang sudah bekerja keras untuk mencapai itu," ucap Presiden Jokowi.

"Tadi sudah disampaikan Menpora bonus emas berapa, perak berapa, perunggu berapa. Saya tidak perlu mengulangi lagi. Totalnya 289 Miliar rupiah yang segera akan diberikan kepada para Bapak, Ibu, Saudara," tambah Presiden.

Baca Juga: Pemkot Depok Apresiasi 3 Atlet Peraih Medali Emas di SEA Games 2023

Jokowi juga mengaku terkejut atas pencapaian atlet-atlet Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Kekagetan Presiden disebabkan adanya beberapa cabang olahraga (Cabor) yang 'pecah telur' setelah lama tak berprestasi.

Terlebih ada juga Cabor yang tampil di luar dugaan karena bisa meraih tempat tertinggi untuk pertama kalinya di ajang SEA Games.

"Tetapi yang mengagetkan saya, yang memberikan kejutan menggembirakan semua, baik yang dapat emas, perak, perunggu, yang mengejutkan tim basket putri karena kita engga pernah dapat emas sudah 64 Tahun. Mana tim basket putri?," kata Presiden.

"Kemudian juga Hoki Indoor putra dan Kriket putri, ini kita baru mendapat emas sejak pertama kali ikut SEA Games. Mana ini Hoki Indoor dan Kriket Putri?," lanjut Presiden.

Baca Juga: Atlet Jetski Peraih Emas SEA Games Punya Hobi Lain, Srixon Beri Apresiasi

"Dan juga tim sepakbola yang sudah 32 tahun engga pernah dapat emas. Engga dapat 32 Tahun, engga pernah dapat emas, ini dapat. Mana Ini Bola?," sambung Jokowi.

Presiden menyampaikan dengan prestasi ini, masyarakat tentu merasa senang serta bangga kepada seluruh atlet Indonesia yang sudah berjuang sekuat tenaga untuk menjemput emas di Kamboja.

"Ini saya kira masyarakat saat ini sangat senang dan bangga atas lompatan perolehan medali emas yang berada di 87 Emas," ujar Jokowi.

Selain itu Presiden juga memberikan nasehat kepada semua atlet yang hadir agar memanfaatkan bonus yang diberikan dengan sebaik-sebaiknya.

Baca Juga: Para Atletik Tambah Koleksi Medali Kontingen NPC Indonesia di Kamboja

Presiden menjelaskan, agar bonus ini bisa dijadikan sebagai investasi. Sebab, perjalanan para atlet bagi Presiden masih sangat panjang.

"Bonus ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk investasi jangka panjang, Jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaat. Kalau dibelikan barang yang dibelikan investasi jangka menengah dan panjang bisa naik terus," terang Presiden.

"Mobil dibeli sekarang, tahun depan sudah jadi separuh bedanya. Disitu (bedanya) investasi dan bukan investasi. Saya titip ini karena perjuangan saudara masih panjang di masa mendatang. Sekali lagi selamat dan terima kasih," tutup Jokowi.

Pada SEA Games 2023 Kamboja ini, kontingen Indonesia menempati posisi ketiga dalam total raihan medali dengan rincian meraih 87 medali emas, 80 Perak, dan 109 Perungg.

Capaian ini melejit dari SEA Games 2021 Vietnam dimana kontingen Indonesia meraih 69 medali emas, 90 medali perak dan 81 medali perunggu.

Editor
Komentar
Banner
Banner