Piala Dunia U-17

Presiden Joko Widodo Targetkan Indonesia ke Final Piala Dunia U-17

Timnas Indonesia U-17 mendapatkan target tinggi oleh Presiden Joko Widodo saat bersaing di Piala Dunia U-17 pada 10 November-2 Desember mendatang.

Featured-Image
Presiden Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi seleksi timnas Indonesia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7). (foto: PSSI)

bakabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-17 mendapatkan target tinggi oleh Presiden Joko Widodo saat bersaing di Piala Dunia U-17 pada 10 November-2 Desember mendatang.

Hal itu dikatakan saat Presiden mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat, kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan kapasitas Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 harus juga ditunjukkan dengan mempersiapkan tim nasional yang tangguh.

Baca Juga: Bima Sakti Pimpin Skuat Garuda di Piala Dunia U-17, Seleksi Tim Segera Dilakukan

Demi mencapai target yang diberikan Presiden, kualitas timnas harus bisa bersaing dengan 23 tim negara lainnya.

"Tadi Presiden meminta lolos ke final. Itu target tertinggi. Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik, kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia U-17," ucap Erick.

Dengan melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota yang bertindak sebagai host seleksi dan juga direktur teknik PSSI, serta Asprov, diharapkan dapat mencari bakat-bakat terbaik yang tersebar di penjuru Indonesia.

Selain itu, Erick menambahkan seleksi Talenta Garuda juga mengikutsertakan para mantan pemain nasional yang kini bertindak sebagai pelatih dan pemandu bakat.

Baca Juga: Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Erick Thohir Minta Dukungan Seluruh Masyarakat

Nama-nama seperti pelatih Timnas U-17 Bima Sakti, serta Rully Nerre, Budi Sudarsono, Firman Utina, Firmansyah, dan Indriyanto akan terjun untuk memantau seleksi para calon pemain muda yang diseleksi di 12 klub Liga 1.

"Lalu PSSI menjadi koordinatornya dan pemandu bakat, serta Asprov bersama direktur tekniknya memanggil pemain SSB, klub atau sekolah di daerahnya, sekaligus mendampingi. Kita sinergi untuk mencari 22 pemain terbaik," lanjutnya.

Karena itu, semua spesifikasi terbaik menjadi persyaratan utama. Mulai dari mental yang kuat, postur tubuh dengan tinggi 170-185 cm, kemampuan otot, skill, kognitif, disiplin, koordinasi prima hingga VO2max dengan nilai rata-rata 60-65.

"Kami memang menerapkan passing grade yang tinggi. Ini tantangannya sebab bagaimanapun juga ini Piala Dunia FIFA pertama di Indonesia sehingga harus maksimal persiapan dan skuad Timmas U-17 kita," tegasnya.

Baca Juga: Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Selain itu, Presiden Jokowi juga melihat hasil renovasi stadion yang akan menjadi salah satu kandidat venue Piala Dunia U-17.

"Hari ini di Jawa Barat ada 187 pemain, nanti ada juga di kota-kota lain, sehingga memberikan kesempatan kepada anak muda untuk berpartisipasi.," jelas Presiden Jokowi.

Editor


Komentar
Banner
Banner