Arus Mudik 2023

Presiden Imbau Pemudik di Penyebrangan Merak sudah Pesan e-Ticket

Presiden Jokowi mengimbau pemudik atau calon penumpang di Pelabuhan Merak sudah memesan tiket secara elektronik melalui aplikasi atau 'e-ticketing'.

Featured-Image
Presiden Joko Widodo tiba di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten, sebelum meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023) Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengimbau kepada pemudik atau calon penumpang di Pelabuhan Merak sudah memesan tiket secara elektronik melalui aplikasi atau 'e-ticketing'.

"Saya harapkan seluruh penumpang  Penyeberangan Merak sudah memesan tiket e-ticketing karena tahun yang lalu ini sangat mengganggu yang tidak punya tiket," kata Presiden Jokowi usai meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4).

Presiden meminta agar seluruh penumpang memiliki tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak. Menurut Kepala Negara, pemudik yang tidak memiliki tiket dinilai mengganggu kelancaran di Pelabuhan Merak.

"Semuanya harus punya tiket sebelum masuk Pelabuhan Merak," imbau Presiden.

Baca Juga: Ditlantas Polda Metro Imbau Warga Mudik Tak Kendarai Sepeda Motor

Dalam kesempatan sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga menilai kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni maupun Pelabuhan Merak dipicu karena masyarakat tidak bisa membeli dengan tiket elektronik (e-ticket).

Menurut Erick, pembelian tiket elektronik dapat membuat masyarakat datang ke pelabuhan sesuai jadwal tiket dan mendekati keberangkatan.

"Problemnya karena masyarakat belum biasa, maksa belum ada e-ticket mau naik tapi enggak punya tiket, ini yang harus diantisipasi," kata Erick di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta pada Senin (10/4).

Beli tiket jauh-jauh hari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Pelabuhan Merak, Banten untuk pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 1444 H/2023. Foto: ANTARA

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Pelabuhan Merak, Banten untuk pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 1444 H/2023. Foto: ANTARA

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik Lebaran 1444 Hijriah/2023 Masehi membeli tiket jauh hari guna kenyamanan dan kelancaran perjalanan penyeberangan.

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, Dishub Magelang Siapkan Strategi

"Kita berharap pemudik membeli tiket jauh hari atau sehari sebelum keberangkatan," kata Menhub saat meninjau kesiapan mudik Lebaran 2023, di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4).

Para pemudik bisa membeli tiket yang disediakan di sejumlah tempat tertentu untuk penyeberangan melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni. Saat ini, ASDP memiliki aplikasi tiketing ferizy yang dijual secara online.

Pengguna jasa dapat membeli tiket secara online, karena saat ini pembelian tiket go show sudah tidak ada lagi. Pelabuhan kini sudah tidak melayani penjualan tiket penyeberangan sejak 1 Mei 2020 lalu.

Menhub meminta masyarakat yang akan menggunakan jasa ASDP, agar jauh hari membeli tiket secara online. Pembelian tiket jauh hari tentu dapat mengurangi kepadatan antrean dan mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Baca Juga: Dukung Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Tingkatkan Fasilitas 'Rest Area'

"Saya kira pembelian jauh hari dipastikan dapat mengantisipasi kemacetan dan kepadatan di jalur menuju kawasan pelabuhan," katanya menjelaskan.

Sejumlah pemudik menuju berbagai daerah di Pulau Sumatera mengatakan bahwa mereka mempunyai tiketing secara online, sehingga saat masuk Pelabuhan Merak bisa langsung naik ke atas kapal yang ada di dermaga untuk menyeberang dengan lancar dan aman.

"Kami merasa senang memiliki tiketing secara online dan keberangkatanya tepat waktu sesuai jadwal yang dipesan," kata Rudi, seorang pemudik warga Depok, Jawa Barat sambil menyatakan hendak mudik ke Palembang.

Pemudik menuju Pelabuhan Bakauheni kebanyakan penumpang di atas kendaraan dengan membeli tiket secara online melalui aplikasi ferizy.

Editor
Komentar
Banner
Banner