Tips Teknologi

Ponsel Hilang Khawatir M-banking Dibobol, Lakukan Cara Aman Ini

Saat ini ponsel menjadi salah satu sarana tempat menyimpan sebuah informasi. Mulai dari data pribadi, email hingga akses mobile banking terdapat di dalamnya.

Featured-Image
Tips amankan mbanking saat ponsel hilang. (Foto: dok. Computer Repair)

bakabar.com, JAKARTA - Kehilangan ponsel adalah hal yang paling menjengkelkan. Di samping karena banyak data penting yang hilang, akses ke mobile banking atau M-banking juga jadi masalah utama.

Nah, saat HP kita hilang jangan langsung panik. Direktur Jaringan dan layanan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Andrijanto memberi tips untuk mengamankan mobile banking khususnya aplikasi BRImo saat kita kehilangan ponsel.

"Untuk BRI melengkapi layanan call center yang bisa diakses nasabah kapan saja secara real time untuk memitigasi berbagai aduan, termasuk apabila handphone nasabah hilang," ujar Andrijanto dikutip Jumat (13/1).

Call Center juga akan membantu nasabah untuk menonaktifkan layanan perbankan yang terhubung/terinstall di handphone yang hilang.

Baca Juga: Xiaomi Rilis Mobil Listrik Pertamanya, Siap Bersaing dengan Tesla

Selain itu, Financial Super Apps BRImo telah dilengkapi oleh fitur keamanan untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening.

Salah satunya adalah adanya pola login dengan menggunakan finger print guna memperkuat keamanan akses BRImo.

Namun demikian, nasabah juga memiliki peran penting untuk menjaga rekeningnya apabila menghadapi kejadian kehilangan handphone.

Kendati begitu, nasabah juga memiliki peran penting untuk menjaga rekeningnya apabila menghadapi kejadian kehilangan handphone.

Baca Juga: Samsung Galaxy S23 Buka Pre-order, Jangan Sampai Terlewat

Ketika ponsel hilang, nasabah diimbau untuk segera melapor melalui Contact BRI yang tersedia 24 jam selama 7 hari di nomor 14017 atau 1500017 guna mengantisipasi penyalahgunaan BRImo oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Langkah antisipasi lain adalah dengan melakukan penggantian password email, social media, dan aplikasi penting lainnya untuk antisipasi kebocoran data pribadi lainnya.

BRI juga memiliki asisten virtual berteknologi Artificial Intelligence (AI) "Smart BRI New Assistant" atau "Sabrina".

Sabrina akan melayani nasabah layaknya customer service melalui beberapa channel, seperti Facebook Messenger dan Whatsapp. Sabrina juga bisa diakses melalui akun Bank BRI yang dimiliki nasabah.

Baca Juga: Berkaca dari 5 Negara Ini, Efektifkah Jakarta Terapkan Jalan Berbayar?

Andrijanto juga menyampaikan, jika nasabah berganti handphone, sebaiknya menghapus aplikasi mobile banking pada perangkat lama.

Hal tersebut termasuk menghapus riwayat SMS dan email yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya.

"BRI senantiasa menginformasikan seluruh layanan melalui saluran komunikasi resmi (verified/ centang biru) yang dapat diakses nasabah melalui website dan akun media sosial perusahaan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner