Hot Borneo

Pondok Darul Hijrah 4 di Tanah Bumbu Perlu Peningkatan Fasilitas Belajar

Sejak berdiri selama kurang lebih dua tahun, Pondok Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran di Kabupaten Tanah Bumbu masih memerlukan fasilitas penunjang belajar mengaja

Featured-Image
Ruang kelas belajar Pondok Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran. Foto-apahabar.com/Syahriadi.

bakabar.com, BATULICIN - Sejak berdiri selama kurang lebih dua tahun, Pondok Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran di Kabupaten Tanah Bumbu masih memerlukan fasilitas penunjang belajar mengajar.

Khodimul Ma'had Pondok Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran, Ustaz Abdussamad, mengatakan ada beberapa sarana yang sangat dibutuhkan saat ini. Di antaranya bangunan ruang kelas baru dan bangunan untuk asrama para santri yang saat ini masih menggunakan ruang kelas atau belajar.

"Jadi kami sangat memerlukan asrama para santri karena sementara ruang belajar yang kami pakai untuk santri bermalam. Juga ruang kelas baru, agar proses pembelajaran terfokus," ujarnya, Jumat (15/9).

Selain itu, perlu pembangunan untuk tempat ibadah atau masjid yang saat ini aktifitas shalat para santri juga menggunakan ruang belajar.

"Ibadah shalat sehari-hari masih menggunakan ruang belajar yang difungsikan sebagai tempat ibadah, karena pembangunan masjid yang masih tertunda karena faktor dana yang masih minim," jelasnya.

"Kami juga memerlukan infrastruktur peningkatan akses jalan dan tiang listrik yang belum sampai ke lokasi pondok," ungkapnya.

Pembangunan Masjid Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran. Foto-bakabar.com/Syahriadi.
Pembangunan Masjid Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran. Foto-bakabar.com/Syahriadi.

Meski saat ini fasilitas infrastruktur belum maksimal, kata Ustaz Abdussamad, namun pihaknya merasa sangat bersyukur dengan keadaan saat ini.

"Kami sangat bersyukur, karena sudah bisa melaksanakan belajar mengajar dengan 17 santri yang mondok. Dari kelas 1 hingga 3 SMP," ucapnya.

"Ke depan kami juga mempersiapkan lembaga untuk TK tahfiz, SD tahfiz, SMP tahfiz, SMA tahfiz, hingga sampai perguruan tinggi Alqur'an dan tafsir," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Pembangunan Pondok Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran, H Rusdi, berharap kepada para donatur agar bisa menyalurkan bantuan untuk pembangunan fasilitas pondok yang diperlukan.

"Kepada para donatur kami membuka bantuan. Baik itu bantuan berasal dari pemerintah, swasta, maupun perorangan, agar pembangunan dan proses belajar pondok bisa maksimal," pungkasnya.

Diketahui Pondok Darul Hijrah 4 Tahfiz Al-Quran terletak di RT 02 Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat Empat Kabupaten Tanah Bumbu.

Sekolah pesantren ini merupakan besutan dari Pondok Darul Hijrah Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan.

Editor
Komentar
Banner
Banner