Olahraga

Pomnas ke-18 Berakhir, DKI Jakarta Juara Umum, Kalsel Masuk 10 Besar

DKI Jakarta keluar sebagai juara umum di pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomnas) 2023 di Kalimantan Selatan.

Featured-Image
Penutupan Pomnas 2023 Kalimantan Selatan. Foto-Adpimprov Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - DKI Jakarta keluar sebagai juara umum di pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomnas) 2023 di Kalimantan Selatan.

Jakarta berhasil mengumpulkan emas paling banyak dibanding provinsi lain yang ikut berpartispasi dalam ajang nasional itu.

"Mereka (Jakarta) berhasil mengumpulkan 68 medali emas, 34 perak dan 38 perunggu," Ketua Panitia Pomnas Kalsel, Rusmim Nuryadin, Kamis (23/11).

Sementara tuan rumah, Kalimantan Selatan hanya mampu meraih 8 medali emas, 7 perak dan 27 perunggu. Jika ditotal, maka Kalsel mengumpulkan sebanyak 42 medali.

Nuryadin mengatakan, keberhasilan yang didapatkan Kalsel tidak lain karena adanya Cabor unggulan Kalsel, yakni gulat.

Menurutnya, capaian ini merupakan prestasi yang luar biasa. Sebab, biasa Kalsel hanya berada di peringkat 20 besar.

"Tapi kali ini kita berhasil masuk 10 besar, yakni di peringkat 6," tandasnya.

Diwakili Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, gubernur mengapresiasi seluruh panitia yang terlibat dapat gelaran Pomnas 2023.

Terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada seluruh mahasiswa, atlet yang telah mengeluarkan potensi, bakat dan kemampuan terbaiknya di ajang olahraga tertinggi tingkat mahasiswa di tanah air.

Apa yang telah diraih Kalsel diharapkan dapat menjadi pelecut semangat untuk prestasi yang lebih besar, termasuk tingkat internasional.

Kapusdiklat Pegawai Kemendikbudristek, Ir Mustangimah mengatakan, pelaksanaan Pomnas ke-18 ini menjadi momentum persiapan Indonesia dalam menjadi tuan rumah ASEAN University Games 2024 di Jawa Timur.

Gelaran ini menjadi langkah awal dalam rangka menyiapkan tim nasional dan kontingen Indonesia.

Terlebih cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pomnas kali ini mengalami penambahan menjadi 16 cabor dari sebelumya yang hanya 14 cabor.

Editor


Komentar
Banner
Banner