Kemacetan Jakarta

Polda Metro Jaya Siapkan Strategi Urai Kemacetan di Jakarta

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengungkapkan bahwa untuk mengurai kemacetan di DKI Jakarta diperlukan kolaborasi.

Featured-Image
Ilustrasi lalu lintas di DKI Jakarta. Foto: apahabar.com/RR

bakabar.com, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Latif Usman mengungkapkan bahwa untuk mengurai kemacetan di DKI Jakarta diperlukan kolaborasi dengan dinas-dinas terkait.

"Ini nanti ada pendekatan jangka pendek dan jangka panjang. Pemecahan masalahnya akan didiskusikan dengan dinas terkait," ucapnya kepada apahabar, Selasa (3/1).  

Nantinya, lanjut dia, kolaborasi dengan dinas-dinas terkait disebut bakal mampu membenahi kemacetan, karena termasuk menyangkut sarana dan prasarana.

"Karena ini ada kaitan dengan maraknya parkir liar, juga sarana publik lain yang menimbulkan kemacetan," ungkapnya.

Baca Juga: Mengukur Efisiensi ETLE dan Polantas: Polda 'Goyah'

Lebih jauh menurutnya dengan menurunkan petugas langsung ke jalan merupakan salah satu strategi yang selama ini sudah dilakukan.

"Kami berkomitmen, akan segera menyelesaikan persoalan kemacetan di Jakarta ke depan," ujarnya.

Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya sebelumnya juga sudah mengusulkan sejumlah solusi untuk mengatasi kemacetan.

Baca Juga: Heru Budi Lakukan Sidak ASN, Pastikan Tak Mangkir Usai Libur Tahun Baru

Salah satunya pengaturan jam masuk kantor, yang saat ini masih dalam pembahasan para pemangku kepentingan, serta penggunaan transportasi massal.

Latif juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas, karena tertib lalu lintas adalah salah satu langkah mengurangi kemacetan.

"Paling utama yaitu mari mematuhi aturan lalu lintas dan mari manfaatkan angkutan umum baik kereta maupun TransJakarta. Angkutan umum harus kita sukseskan," tuturnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner