Ramadan 2023

Polda Metro Hentikan Sementara Car Free Day Selama Ramadan

Polda Metro Jaya menghentikan sementara pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta

Featured-Image
Ilustrasi Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta. Foto: apahabar.com/Safarian Shah

bakabar.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menghentikan sementara pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta selama bulan Ramadan 1444 H.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut penghentian sementara CFD merujuk pada kepedulian terhadap masyarakat yang tengah menjalani puasa di bulan Ramadan.

"Iya (supaya mempermudah masyarakat dalam menjalani aktivitas)," kata Trunoyudo, Jumat (24/3).

Baca Juga: Jika Dilakukan dengan Benar, Puasa Ramadan Bisa Turunkan Berat Badan

Ia menerangkan bahwa pihaknya juga sekaligus akan mengevaluasi pelaksanaan CFD yang telah digelar pada waktu lalu. Maka Ramadan tahun ini, CFD akan dihentikan sementara.

"Bulan Ramadan ini Polda Metro lakukan evaluasi untuk tidak memberlakukan CFD," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya sempat menerapkan uji coba Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) setiap hari Jumat di lingkungan Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Koreksi Jokowi, Seskab: Masyarakat Tak Dilarang Bukber Ramadan

"Khusus itu (pelayanan samsat) akan dibatasi, 200 untuk kendaraan roda dua, 100 untuk kendaraan roda empat," jelasnya.

Selain itu, ia mengklaim kebijakan tersebut sebagai solusi untuk mengurangi beban volume kendaraan dan dialihkan untuk menggunakan transportasi umum sehingga dapat mengurai kemacetan.

"Program ini juga gerakan untuk menggunakan transportasi umum, maka kami mengimbau setiap pada hari jumat diharapkan menggunakan transportasi umum," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner