Info Kesehatan

Pola ‘4 Sehat 5 Sempurna’ Sudah Tak Berlaku, Ini Gantinya!

“Kalau dulu, orang selalu bilangnya 4 sehat 5 sempurna, sekarang tidak digunakan lagi. Sekarang kita menggunakannya adalah asupan gizi seimbang."

Featured-Image
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna (Foto: eeyuva)

bakabar.com, JAKARTA - Barangkali Anda sudah tak asing dengan jargon empat sehat, lima sempurna, bukan? Rupanya, semboyan yang demikian tak lagi relevan dengan kehidupan kini, sehingga dibutuhkan pola baru untuk menjaga hidup sehat.

“Pola asupan makanan, kalau dulu, orang selalu bilangnya 4 sehat 5 sempurna, sekarang tidak digunakan lagi. Sekarang kita menggunakannya adalah asupan gizi seimbang,” jelas Medical Dept PT Kalbe Farma Tbk, dr Laurencia Ardi, dalam live Instagram @ptkalbefarmatbk, dikutip Jumat (7/4).

Asupan gizi seimbang yang dimaksud meliputi konsumsi karbohidrat dengan proporsi 60 persen dari kebutuhan nutrisi tubuh, protein 10 hingga 20 persen, juga lemak 30 persen.

Selain itu, dilengkapi pula dengan sayur dan buah-buahan sebagai sumber vitamin lagi mineral.

Laurencia menambahkan pola hidup sehat yang baru ini juga termasuk bijak memilih makanan dan minuman. Ini agar menghindari penyakit degeneratif pada usia lanjut.

Dalam hal ini, jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang sedang tren, tetapi jangka panjangnya berdampak negatif pada kesehatan. Misalnya, minuman manis boba, makanan olahan, dan sebagainya.

Selain menjaga asupan makanan, sambung Laurencia, penting juga untuk melakukan olahraga secara rutin. “Minimal 3 kali seminggu, dengan durasi sekali olahraga minimal 30 menit,” imbuh dia.

Editor


Komentar
Banner
Banner