Kalteng

Pohon Tumbang di Kapuas, Dinas PU Turun Tangan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Cuaca buruk yang sempat melanda di Kapuas, Kalteng, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang….

Featured-Image
Pohon di Taman Hutan Kota Kapuas tumbang setelah diterjang angin kencang. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Cuaca buruk yang sempat melanda di Kapuas, Kalteng, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Tepatnya di kawasan Taman Hutan Kota Kapuas. Karena mengganggu pengguna jalan, evakuasi telah dilakukan sejumlah petugas di lapangan.

Kendati demikian, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kapuas terpaksa tetap turun tangan.

Mereka melakukan evaluasi terhadap sejumlah pohon yang tumbuh disana, dengan harapan hal itu tak terulang.

“Kami akan evaluasi pohon-pohon yang berpotensi tumbang di sana (Taman Hutan Kota) agar tidak membahayakan masyarakat pengguna jalan,” kata Plt Kepala Dinas PUPRPKP Kapuas, Teras ST, di Kuala Kapuas, Jumat (18/12).

Menurut Teras, tumbangnya pohon jenis Sengon di Taman Hutan Kota Kapuas, Kamis (18/12) kemarin, karena diterpa angin kencang yang terjadi sekitar pukul 13.40 WIB.

“Lagi pula pohon itu memang sudah terlalu tinggi, sehingga akarnya tidak mampu lagi menopang beratnya dan kemudian pohon itu jenis sengon yang memang mudah tumbang,” ujarnya.

Karenanya, Teras pun mengimbau masyarakat pengguna jalan agar berhati-hati saat terjadinya agin kencang disertai hujan lebat karena berpotensi terjadinya pohon tumbang.

“Saat cuaca ekstrem seperti sekarang kami himbau masyarakat pengguna jalan agar berhati hati karena saat angin kencang dan hujan lebat mungkin berpotensi adanya pohon tumbang,” imbaunya.

Teras juga berharap masyarakat dapat menginformasikan kepada pihaknya apabila di suatu pemukiman atau di jalan-jalan mendapati pohon yang berpotensi tumbang.

“Tolong beritahukan kepada kami kalau misalnya menemukan ada pohon yang diperkirakan bisa tumbang diterpa angin, sehingga dapat segera kami ambil tindakan apakah dilakukan pemangkasan atau pemotongan,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner