Arus Mudik 2023

Plt Walkot: 75 Persen Warga Bekasi Pergi Mudik 2023

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyebut 2,5 juta atau 75 persen warganya akan kembali ke kampung halaman untuk mudik Idulfitri 1444 H. 

Featured-Image
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto meninjau jalur perbatasan Kota Bekasi - DKI Jakarta, dekat pasar Sumber Arta Bekasi (Foto: apahabar.com/Arya Putra)

bakabar.com, BEKASI - Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyebut 2,5 juta atau 75 persen warganya akan kembali ke kampung halaman untuk mudik Idulfitri 1444 H. 

Tri menilai angka pemudik melonjak dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga tahun ini hanya menyisakan seperempat dari populasi warga Bekasi yang tak mudik.

"Tahun ini ada peningkatan hampir, mungkin sekitar 50 sampai 75 persen warga masyarakat yang akan mudik," ucap Tri, Senin (10/4). 

Baca Juga: Tinjau Lokasi Perbatasan Mudik, Plt Wali Kota Bekasi: Kita Optimalkan Penerangan

Tri menghimbau warga Kota Bekasi yang akan mudik lebaran 2023 untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Rukun Tetangga (RT) setempat, agar keamanan daerah bisa melakukan pengawasan secara ketat.

"Iya lapor ke RT/RW sehingga nanti bisa kita antisipasi untuk keamanan, agar tidak terjadi penjarahan, perampokan terkait rumah kosong yang ditinggalkan warga," ucapnya. 

Baca Juga: Catat! Titik Rest Area di Tol Trans Jawa yang Bisa Disinggahi Pemudik

Maka ia telah menggelar rapat koordinasi dengan Polres Metro Bekasi Kota dan Kodim 0507, untuk memberdayakan pengurus lingkungan selama musim mudik lebaran 2023.

"Kita juga antisipasi dengan pengamanan rumah kosong, berdasarkan rapat terakhir dengan Kapolres dengan Dandim. Ada langka-pangka seperti pemberdayaan RT-RW Limnas," jelasnya. 

Selain itu dirinya juga sedang mengoptimalkan ruas jalan yang akan dilalui para pemudik, salah satunya Jalan Raya Kalimalang karena dijadikan jalur favorit para pemudik sepeda motor.

"Tadi penerangan kita liat perlu optimalisasi lagi, kemudian juga masih ada jalan yang harus ditingkatkan," ucap Tri Adhianto.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Tol Cisumdawu Beroperasi pada Mudik Lebaran 2023

Tri menceritakan proses pengerjaan jalan masih terus dilakukan di sejumlah titik, ia menyebut proyek itu akan rampung minimal H-7 Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Dirinya mengatakan akan lebih banyak jalur one way pada jalur Arteri untuk para pemudik, guna meminimasilir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"H-7 semuanya sudah ready. Termasuk nanti kita lihat depan jalan ini kan masih dua arah, kita berharap nanti jadi satu arah, hari Kamis selesailah," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner