Nasional

Duh, Ratusan Kepsek di Kapuas Masih Berstatus Pelaksana Tugas

Ratusan kepala sekolah di Kabupaten Kapuas, Kalteng hingga kini masih berstatus pelaksana tugas (Plt) kepala sekolah.

Featured-Image
FOTO: Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupatennl Kapuas, Ali Hanafiah. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Ratusan kepala sekolah di Kabupaten Kapuas, Kalteng hingga kini masih berstatus pelaksana tugas (Plt) kepala sekolah.

Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Kapuas, Ali Hanafiah mengakui jika ratusan sekolah di Kapuas kepala sekolahnya masih berstatus pelaksana tugas.

"Iya benar. Ada sekitar seratus tiga puluhan sekolah yang kepala sekolahnya Plt. Ini untuk mengisi kekosongan kepala sekolah," katanya di Kuala Kapuas, Jumat (8/9).

Sampai saat ini para pelaksana tugas kepala sekolah tersebut belum dilantik atau didefinitifkan sebagai kepala sekolah dikarenakan masih adanya transisi kepemimpinan kepala daerah Kapuas.

"Karena yang melantikan kepala daerah. Sedangkan sekarangkan kepala daerah kita masih dijabat Plt. Selain itu dikarenakan adanya transisi regulasi," ujar Ali.

Menurut Ali, saat ini dibeberapa daerah di Indonesia juga banyak sekolah yang kepala sekolahnya juga belum definitif. Maka kemungkinan besar untuk pengangkatan kepala sekolah akan diambil alih oleh Kementerian Pendidikan.

"Pengangkatan kepala sekolah oleh Kementerian Pendidikan dilakukan melalui sistem SIM kepala sekolah. Apabila kita setujui, kemungkinan pengangkatannya nanti melalui dapodik," beber Ali Hanafiah.

"Sedangkan untuk pelantikannya dilakukan oleh daerah masing-masing. Jadi, nanti tidak ada lagi yang namanya Plt, karena sudah definitif di dapodik," imbuhnya.

Ali menambahkan bahwa pihaknya dari Dinas Pendidikan sudah sejak satu tahun lebih mengusulkan untuk dilakukannya pelantikan ratusan kepala sekolah yang berstatus pelaksana tugas tersebut.

"Kalau usulan dari kami sudah satu tahun lebih. Karena kalau kepimpinan sekolah yang tidak definitif akan membuat kurang maksimal proses belajar mengajar di satuan pendidikan," pungkas Ali Hanafiah.

Baca Juga: Penjaringan Calon Ketua KONI Kapuas Dimulai, Segera Daftar!

Editor


Komentar
Banner
Banner