Regional

Plt Bupati Bogor Dapat Penghargaan dari Presiden

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Berupa tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya 2023.

Featured-Image
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan penghargaan ke Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan (Foto: Dok. Pemkab Bogor).

bakabar.com, BOGOR - Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Berupa tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya 2023.

Tanda penghargaan itu disematkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Bertepatan di Pekan Nasional Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6) tadi.

Iwan menerima penghargaan lantaran program Gerakan Beli Beras Petani Bogor. Ia dianggap berperan aktif dalam urusan pertanian, terutama beras.

Untuk itu, Iwan berterima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung programnya.

"Program ini diharapkan dapat membantu nilai tambah yang didapat petani lebih besar. Dengan target pasar yang telah terukur dan keberlanjutan tetap terjamin," tuturnya, Minggu (11/6) sore.

Program ini sebenarnya didukung Peraturan Bupati Bogor Nomor 9 Tahun 2019. Di mana ASN di lingkungan Pemkab Bogor wajib membeli beras petani lokal yang dinamai Beras Carita Makmur.

Pada tahun 2020, realisasi program itu mencapai 847,5 ton. Jumlahnya dinamis setiap tahun. "2023 ditargetkan mencapai 1050 ton," tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun) Bogor, Tatang Mulyadi mengatakan, pemberian tanda penghormataan ini melalui penilaian panjang. Ada proses verifikasi yang ketat.

"Setidaknya, ada dua syarat yang dibutuhkan untuk menerima Satyalancana Wira Karya. Yaitu syarat khusus dan syarat umum. Syarat khususnya yaitu berjasa dalam memberikan sumbangsih yang besar kepada negara sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain," tandasnya.

Editor


Banner
Banner