Pemkab Tanah Laut

Pj Bupati Tala Apresiasi Desa Bumi Jaya Masuk Penilaian Anti Korupsi KPK

Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut (Tala), Syamsir Rahman menghadiri acara penilaian program desa anti korupsi di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, pada Kamis (

Featured-Image
Pj Bupati Tala Syamsir Rahman menghadiri acara penilaian desa anti Korupsi di Desa Bumi Jaya. Foto-Ist

bakabar.com, PELAIHARI - Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut (Tala), Syamsir Rahman menghadiri acara penilaian program desa anti korupsi di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, pada Kamis (5/10/2023).

Pada acara yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Syamsir mengatakan, Desa Bumi Jaya telah menunjukkan kepedulian dan kesadaran yang tinggi dalam memerangi korupsi, sebagai salah satu pelanggaran terberat terhadap tatanan sosial dan tata pemerintahan yang adil.

"Desa Bumi Jaya menjadi contoh yang luar biasa bagi daerah lainnya, karena mengimplementasikan program anti korupsi yang telah dijalankan," kata Syamsir.

Ia memberikan apresiasi terhadap seluruh pihak yang terlibat dan langkah-langkah konkret yang telah diambil seperti peningkatan transparansi, akuntabilitas yang lebih baik, serta partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan.

"Kami mengapresiasi komitmen dan upaya keras yang telah dilakukan oleh pihak desa, masyarakat, serangan para pemangku kepentingan dalam mendukung program anti korupsi yang telah dijalankan," pungkasnya.

Desa Bumi Jaya telah mengikuti beberapa tahapan penilaian dari tim mulai dari observasi, pelaksanaan bimtek, monev yang dilakukan hampir setiap pekan dan penilaian akhir pada hari ini.

Ketua Satgas Tim Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat (Ditpermas) KPK RI, Rino Haruno mengatakan, target program KPK RI kedepan adalah satu kabupaten satu desa anti korupsi.

"Jadi, kalau hasil penilaian kali ini nantinya Bumi Jaya kami nyatakan layak jadi percontohan, siap-siap menyambut kedatangan desa dari kabupaten lain di Kalsel untuk belajar," katanya.

Ia pun menekankan, apapun hasil penilaian kali dapat dijadikan acuan agar Desa Bumi Jaya semakin baik dalam hal anti korupsi.

"Sejak awal tahun tim kami telah berkunjung ke sini melakukan observasi. Pertemuan berikutnya kita lakukan bimtek, hampir setiap pekan setelahnya juga kita lakukan monev, sampai titik ini semoga hasil penilaiannya maksimal," lanjutnya.

Rino juga mengapresiasi, dukungan yang datang dari berbagai pihak baik dari pemerintah daerah hingga kekompakan kepala desa, BPD hingga masyarakat setempat terhadap keterlibatan Desa Bumi Jaya yang sedang melewati penilaian sebagai Percontohan Desa Anti Korupsi.

Editor


Komentar
Banner
Banner