KTT ASEAN

Pidato Lengkap Presiden Jokowi Saat KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo

Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5)

Featured-Image
Presiden Jokowi memberikan sambutan saat pembukaan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo NTT. FOTO/Youtube Setpres

bakabar.com, JAKARTA -  Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5) pagi. 

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, rivalitas semakin tajam, dinamika dunia semakin tidak terprediksi.

Jokowi meminta negara-negara ASEAN bersatu dan berkeja keras untuk menjadikan ASEAN matter epicentrum of growth.

Baca Juga: KTT ASEAN Resmi Dibuka, Jokowi: ASEAN Matters Epicentrum of Growth!

Berikut pidato lengkap Presiden Jokowi saat membuka KTT ASEAN, pagi ini:

Selamat pagi yang mulia para pemimpin ASEAN, selamat datang di KTT ke-42 ASEAN di Labuhan bajo, Indonesia.

Saya ingin menyambut yang mulia Datuk Sri Anwar Ibrahim perdana Menteri Malaysia, dan yang mulia Sonexay Siphandone Perdana Menteri Laos, juga yang mulia Taur Matan Ruak Perdana Menteri Timor Leste, selamat datang bergabung di keluarga ASEAN.

Pemimpin ASEAN yang saya hormati, saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, rivalitas semakin tajam, dinamika dunia semakin tidak terprediksi. Dan yang menjadi pertanyaan, apakah ASEAN hanya akan menjadi penonton? apakah ASEAN hanya akan diam? Serta, Apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan?.

Baca Juga: KTT ASEAN, Sarinah Tampilkan 30 Produk Lokal dalam 'Spouse Program'

Saya yakin, kita semua percaya ASEAN bisa asalkan satu kuncinya persatuan. Dengan persatuan ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan.

Kita punya aset kuat sebagai episentrum of growth ekonomi yang tumbuh jauh di atas rata-rata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga.

Baca Juga: KTT ASEAN 2023, Pakar UGM: Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Dunia

Sehingga ke depan ASEAN harus semakin memperkuat integrasi ekonominya, mempererat kerjasama inklusif termasuk implementasi ARSET, dan memperkokoh arsitektur kesehatan pangan energi dan stabilitas keuangan.

Mari bekerja keras menjadikan ASEAN matters epicentrum of growth, dan dengan ini saya nyatakan KTT ke-42 ASEAN dibuka.

Editor


Komentar
Banner
Banner