Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Profil Timnas Belanda 'Si Spesialis Runner-up’

Penampilan kesebelasan Belanda di Piala Dunia Qatar 2022 menjadi momen kebangkitan usai gagal menembus putaran final 2018.

Featured-Image
Timnas Belanda di Piala Dunia 2022. (Foto: Twitter @OnsOranje)

bakabar.com, JAKARTA – Penampilan Tim Nasional atau Timnas Belanda di Piala Dunia Qatar 2022 menjadi momen kebangkitan usai gagal menembus putaran final 2018.

Kesebelasan De Oranje digelari ‘Spesialis Runner-up’ karena selalu menjadi unggulan di Piala Dunia namun selalu gagal merebut trofi kemenangan.

Momen comeback negara kincir angin kali ini masuk dalam Grup A yang dihuni oleh tuan rumah Qatar, kemudian Ekuador, dan Senegal.

Sejak era Johan Cruyff hingga Memphis Depay dan Frenkie de Jong, penampilan The Flying Dutchmen (julukan Timnas Belanda) selalu impresif setiap tampil di Piala Dunia, namun sampai sekarang mereka selalu gagal memboyong piala juara.

Baca Juga: Profil Ahmad bin Ali Stadium, Venue Piala Dunia 2022 Cerminan Negara Qatar

Baca Juga: Lolos Final UFC, Jeka Saragih Cetak Sejarah Harumkan Nama Indonesia di Kancah Internasional

Belanda sudah tiga kali lolos ke babak final Piala Dunia yang berujung kekalahan, yaitu pada 1974 dikalahkan Jerman Barat, Kemudian 1978 ditundukan oleh Argentina. Lalu, pada 2010 kalah dari Spanyol.

Dari 10 kali penampilannya di Piala Dunia semua gagal membawa gelar juara, dari membuat Belanda bergelar sebagai spesialis runner-up di Piala Dunia.

Namun sejak awal Kualifikasi Piala Dunia 2022 mereka sukses membawa tiket putaran final Piala Dunia 2022 usai menjadi juara Grup G di kualifikasi.

Pemain kunci

Sudah bukan hal yang asing jika Timnas Belanda punya sederet bintang sepak bola. Ada beberapa pemain top yang pernah bersaing dengan pemain jawara Eropa.

Adalah van Dijk yang saat ini masih menjadi andalan Liverpool, kemudian Memphis Depay dan Frenkie de Jong kini yang masih memegang kontrak di Barcelona.

Baca Juga: Intip ‘Peci Putih’ Stadion Al Thumama Venue Piala Dunia FIFA 2022 Qatar

Baca Juga: Profil Peserta Piala Dunia 2022: Tuan Rumah Qatar

Ada juga Matthijs de Ligt yang sedang membela Bayern Munich usai sebelumnya berkarier untuk Juventus dan Depay yang sudah menorehkan 42 gol dalam 80 pertandingan untuk Timnas Belanda.

Para pemain tersebut siap menampilkan performa terbaiknya jika ikut membela Timnas dalam Piala Dunia 2022.

Pelatih

Timnas Belanda kini berada di bawah didikan Louis van Gaal, tercatat ia juga pernah duduk di kursi pelatih klub elit dunia, seperti Manchester United, Barcelona, Bayern Munich, hingga Ajax Amsterdam.

Van Gaal tercatat sudah 3 periode memimpin dengan membawa hasil yang terpampang nyata berhasil membawa Belanda lolos ke babak Semifinal UEFA Nations 2022, bahkan Belanda selama bersamanya belum pernah terkalahkan di 15 laga terakhir.

Editor


Komentar
Banner
Banner