Kalteng

Petugas Puskesmas di Kapuas Ikuti Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah dokter dan perawat yang bertugas di Puskesmas di Kabupaten Kapuas, Kalteng,…

Featured-Image
Kegiatan workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) yang berlangsung di aula Hotel Raudah Kuala Kapuas. Foto: Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah dokter dan perawat yang bertugas di Puskesmas di Kabupaten Kapuas, Kalteng, belum lama ini mengikuti workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Kegiatan tersebut bertujuan agar petugas puskesmas memahami konsep dasar penyakit infeksi, pencegahan dan pengendalian di fasilitas pelayanan kesehatan agar terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas, Noor Rahman, mengatakan, pencegahan dan pengendalian infeksi merupakan upaya untuk memastikan perlindungan kepada setiap orang.

“Perlindungan terhadap kemungkinan tertular infeksi dari sumber masyarakat umum dan di saat menerima pelayanan kesehatan pada berbagai fasilitas kesehatan,” katanya di Kuala Kapuas, Senin (30/11).

Dijelaskan Noor Rahman, pada acara workshop PPI dipaparkan materi tentang kebijakan penerapan PPI, Konsep PPI, manajemen dan sumber daya PPI dan kewaspadaan isolasi.

Termasuk dipaparkan juga tentang sitem bundles, penerapan PPI di UKM dan UKP, penggunaan atimicroba yang bijak, surveilens dan penanggulangan KLB pada PPI, audit monitoring dan ICRA.

Dengan adanya kegiatan workshop PPI tersebut diharapkan Noor Rahman dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan petugas puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas.

“Tentunya tentang pencegahan dan pengendalian infeksi, sehingga dapat melindungi petugas dan masyarakat dari penularan penyakit infeksi,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner