Kalteng

Petugas Laboratorium RSUD Kapuas Ikuti Pelatihan Pemeriksaan PCR

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kalteng, mengirimkan…

Featured-Image
Petugas laboratorium RSUD Kapuas saat mengikuti pelatihan pemeriksaan PCR di Labkes Provinsi Kalsel. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kalteng, mengirimkan sejumlah petugas laboratoriumnya untuk mengikuti pelatihan pemeriksaan PCR di Kalimantan Selatan.

Pelatihan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) berlangsung di Gedung Laboratorium Kesehatan Pemprov Kalsel, Jalan Bumi Mas Raya Pemurus Baru, Kota Banjarmasin.

Beberapa orang petugas laboratorium RSUD yang mengikuti pelatihan tersebut terdiri dari 1 orang dokter spesialis mikrobiologi klinik dan tiga orang petugas analis laboratorium kesehatan.

Pemeriksaan Polymerase Chain Reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus.

“Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona,” kata dr Satria Ramli selaku dokter penanggung jawab pelayanan instalasi laboratorium RSUD Kapuas, di Kuala Kapuas, Rabu (17/2).

Dokter Satria Ramli menjelaskan, terbatasnya laboratorium pengujian di daerah khususnya Kalimantan Tengah, menyebabkan lamanya pengujian spesimen dari suspek Covid-19.

“Karena dibutuhkan waktu bagi daerah untuk mengirimkan spesimen dari atau ke rumah sakit yang jauh atau berada di daerah lain,” bebernya.

Dilanjutkan Satria, keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19.

“Semoga dengan pelatihan peningkatan pengetahuan dan skill dari petugas laboratorium RSUD Kapuas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner