Peristiwa & Hukum

Petugas Kewalahan, Tiga Titik Api Karhutla Muncul Hampir di Waktu Bersamaan

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di tiga Kecamatan di Kabupaten Tapin, wilayah Desa Masta api hampir sasar pemukiman warga, Kamis (31/8).

Featured-Image
Karhutla di Desa Masta, Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin. Foto - Tangkapan Layar Group Relawan Tapin.

bakabar.com, RANTAU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di tiga Kecamatan di Kabupaten Tapin. Di wilayah Desa Masta api hampir menyasar pemukiman warga, Kamis (31/8).

Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, Rahmani dalam laporannya menyampaikan bawah pada waktu hampir bersamaan terdapat dua titik hotspot.

Pada sekitar pukul 12.30 WITA terjadi di Desa Pulau Pinang (Nes 11) Kecamatan Binuang dengan luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektare dan di Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan seluas kurang lebih 4 hektare.

Dengan cepat Tim BPBD Tapin bersama TAGANA, BAPARA, masyarakat sekitar, termasuk TNI dan POLRI melakukan penyiraman untuk memadamkan api di lokasi tersebut.

Kurang lebih sekitar satu setengah jam melakukan pemadaman, sekitar pukul 14.00 WITA tim kembali menerima laporan karhutla di wilayah Kecamatan Bakarangan.

Setelah api sudah berhasil dipadamkan dan dinyatakan sudah aman, Tim BPBD Tapin bersama pihak lainnya kemudian menuju Desa Masta, Kecamatan Bakarangan.

Tim berjibaku melakukan pemadaman. Sekitar pukul 16.40 WITA, api akhirnya berhasil dipadamkan dan kondisi sudah dinyatakan aman.

"Api di Desa Masta yang berasal dari semak belukar menjalar hingga mendekati rumah warga ± 3 Meter, luasnya kurang lebih 4 hektare. Jadi total hari ini kurang lebih 10 hektare lahan yang terbakar," ujar Rahmani dalam laporannya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner