Gaya Hidup

Permudah Ibu-ibu, Dosen Vokasi IPB Ciptakan Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Setiap orangtua pastinya kerap susah mengartikan bahasa anak yang masih bayi, apalagi saat mereka sedang menangis.

Featured-Image
Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi, Madsaz. Foto-Tangkapan Layar

bakabar.com, BANJARMASIN - Setiap orangtua pastinya kerap susah mengartikan bahasa anak yang masih bayi, apalagi saat mereka sedang menangis.

Namun tenang, kini ada aplikasi yang dapat mengartikan maksud dari tangisan bayi.

Aplikasi tersebut diciptakan oleh Dosen Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB), Medhanita Dewi Renanti. Medhanita mencoba mengungkap arti tangisan bayi dengan membuat aplikasi penerjemah tangisan bayi yang diberi nama ‘Madsaz’.

Ia menyebut aplikasi yang dikembangkan sangat berguna bagi para ibu. Menurutnya, para ibu dapat lebih percaya diri dalam menangani buah hati mereka saat menangis.

Adapun aplikasi tersebut juga membantu orang tua untuk lebih percaya diri dalam menangani sendiri buah hati mereka. Pasalnya, tingkat akurasi dari aplikasi ini cukup tinggi yakni 94 persen.

Dengan demikian, orang tua dapat mengambil keputusan yang tepat untuk merespons tangisan bayi mereka.

"Manfaat dari aplikasi ini alhamdulillah sudah banyak membantu ibu-ibu, utamanya yang baru punya anak untuk menerjemahkan tangisan bayinya," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Vokasi, Rabu (3/5).

Lebih lanjut, temuan ini mengungkapkan alat tersebut dapat mendeteksi lima jenis tangisan bayi, seperti tangisan karena lapar, mengantuk, bersendawa, kembung atau ada gas, dan saat bayi merasa tidak nyaman.

Cara kerja aplikasi ini juga cukup mudah, yaitu hanya cukup dengan merekam suara tangisan bayi dan dalam waktu sekitar beberapa menit.

Tangisan tersebut akan diterjemahkan untuk kemudian dijadikan sebagai rujukan keputusan tindakan yang diambil oleh orang tua bagi bayinya.

Editor


Komentar
Banner
Banner