Kecantikan

Perlukah Pakai Moisturizer untuk Wajah Berminyak?

Minyak kulit merupakan sebum yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous untuk membantu menjaga fungsi lapisan kulit.

Featured-Image
Penggunaan Moisturizer untuk Kulit Berminyak

bakabar.com, JAKARTA - Bagi sebagian orang, menggunakan pelembap jika memiliki kulit berminyak mungkin tidak diperlukan. Hal ini diekarenakan pelembab wajah bisa membuat wajah tambah berminyak.

Padahal, minyak kulit merupakan sebum yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous untuk membantu menjaga fungsi lapisan kulit.

Sementara itu, menghidrasi kulit adalah proses saat air diserap ke dalam lapisan kulit, atau dikenal sebagai epidermis dan dermis yang berguna untuk menjaga kekenyalan dan elastisitasnya.

Maka dari itu, penggunaan moisturizer pada kulit wajah sekalipun pada kondisi wajah berminyak cukup dapat membantu penyerapannya. 

Pelembab Khusus Kulit Berminyak

Jenis pelembab wajah untuk kulit berminyak biasanya memiliki kandungan yang ringan, cepat meresap dan tidak membuat kulit terasa licin. Adapun tiga sifat utama dari pelembap wajah dengan kualitas yang baik, yaitu:

1. Oklusif

Oklusif adalah bahan yang menjaga kelembapan dengan membentuk film hidrofobik (pelawan air) pada kulit.

Bahan lainnya seperti petrolatum, lanolin, minyak mineral, parafin, dan squalene biasanya cukup berminyak.

Jika Anda memiliki tipe kulit yang berminyak, turunan silikon seperti dimethicone atau cyclomethicone tidak akan membuat kulit terasa berminyak.

2. Humektan

Humektan adalah bahan yang menjaga kelembapan kulit dengan menarik air dari lapisan bawah dermis ke epidermis terluar.

Bahan-bahan seperti gliserin, natrium laktat, amonium laktat, asam hialuronat, sorbitol, urea, dan asam alfa hidroksi akan cocok untuk Anda dengan tipe kulit berminyak. 

3. Emolien

Emolien adalah bahan yang berfungsi untuk menghaluskan kulit dengan mengisi ruang antara serpihan di stratum korneum atau lapisan luar epidermis yang berkerak dengan minyak. Adapun beberapa jenis emolien yang minim minyak seperti ceramide.

Anda dapat mencari pelembab dengan label "non-comedogenic" karena kandungan ini tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan komedo.

Hindari pelembab wajah yang mengandung minyak mineral, cocoa butter, petrolatum, atau petroleum serta produk dengan wangi yang menyengat.

Tips Merawat Kulit Berminyak

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat kulit berminyak, di antaranya:

1. Pilih pelembab bertekstur gel atau lotion karena kandungan tersebut memiliki kadar air yang tinggi sehingga tidak membuat wajah berminyak.

2. Setelah mencuci wajah, Anda dapat langsung menggunakan pelembab.

3. Hindari mencuci wajah dengan air hangat karena akan menghilangkan pelembab alami kulit dan memicu dehidrasi.

4. Hindari penggunaan toner yang berlebihan karena justru akan menghilangkan minyak dan berpotensi menghasilkan minyak dengan jumlah yang lebih banyak.

Maka dari itu, penggunaan pelembab untuk kulit berminyak sangatlah dibutuhkan agar menghindari dehidrasi yang dapat membuat produksi minyak meningkat.

Editor
Komentar
Banner
Banner