Perawatan Wajah

Kulit Berminyak juga Wajib Pakai Pelembap, Ini Rekomendasinya

Kulit berminyak kerap dianggap tidak memerlukan pelembab (moisturizer). Padahal memakai pelembap penting untuk mengatasi masalah kulit lainnya.

Featured-Image
Ilustrasi Pelembap (Moisturizer) Untuk Kulit Berminyak. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Kulit berminyak kerap dianggap tidak memerlukan pelembap (moisturizer). Padahal memakai pelembap sangat penting untuk mengatasi masalah kulit lainnya.

Banyak orang menganggap bahwa penggunaan pelembap pada kulit berminyak tidak dibutuhkan. Namun hal tersebut salah, kondisi kulit tersebut tetap membutuhkannya.

"Jika tidak menggunakannya, kulit akan mengering dan kemudian menghasilkan lebih banyak minyak dan menyebabkan jerawat," ujar Dr Eric Schweiger, seorang dermatologis dikutip dari Bustle, Rabu (4/10).

Kulit berminyak tidak menandakan mengandung banyak air di dalamnya. Hal-hal seperti mandi dengan air hangat dan cuaca dingin dapat menyebabkan hilangnya kelembaban pada kulit dan membuatnya semakin kering.

Minyak pada kulit adalah zat yang disebut sebum, yang dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebassebaceous) dalam kulit untuk membantu menjaga fungsi penghalang di kulit.

Sehingga walau terlihat basah oleh minyak, kondisi kulit tersebut juga dapat mengalami dehidrasi yang diakibatkan kekurangan air.

Sedangkan hidrasi kulit adalah proses di mana air yang diserap ke dalam lapisan kulit, yang dikenal sebagai epidermis dan dermis, untuk menjaga kekenyalan, elastisitas dan ketahanannya.

Kulit yang dehidrasi berkepanjangan dapat mengalami peradangan, infeksi, garis-garis halus atau kerutan, hingga penuaan dini.

Pelembap untuk Kulit Berminyak

skincare
Pelembab sangat dianjurkan untuk kulit acne prone skin. Foto: Prostock-Studio/istock photo

Saat ini sudah banyak pelembap yang dikhususkan untuk pemilik kulit kering. Beberapa produk dikemas secara ringan, cepat menyerap di kulit dan tidak meninggalkan kesan licin atau berkilau di wajah.

"Cari pelembap yang non komedogenik, atau yang tidak menyumbat pori-pori," kata Schweiger.

Beberapa kandungan harus dihindari untuk pemilik kulit berminyak seperti mineral oil, cocoa butter, lanolin dan petrolatum. Kandungan itu dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Sebaliknya para pemilik kulit berminyak dapat memilih kandungan skincare dengan bahan glycerin, hyaluronic acid, aloe dan squalane, yang cepat menyerap dan tidak menyumbat pori-pori.

Kondisi kulit berminyak dianjurkan unutk memilih pelembap berbentuk gel atau lotion, yang memiliki kandungan air yang tinggi. Dan gunakan sesegera mungkin setelah mencuci wajah. Tujuannya untuk meningkatkan daya serap pelembap pada kulit.

Rekomendasi Produk Pelembab untuk Kulit Berminyak

Beberapa rekomendasi produk ini enggak ada salahnya untuk masuk dalam wishlist pelembap yang ingin Anda coba.

La Roche-Posay Effaclar MAT Moisturizer

La Roche-Posay Effaclar MAT Moisturizer. Foto: website La Roche-Posay
La Roche-Posay Effaclar MAT Moisturizer. Foto: website La Roche-Posay

Pelembap yang dikhususkan untuk kulit berminyak, brand asal Prancis ini memiliki formulasi yang enggak kaleng-kaleng, dan menjadikannya salah satu merek perawatan kulit nomor satu di dunia.

Teksturnya sendiri gel berwarna putih yang dikemas dalam kemasan tabung yang dapat ditekan untuk mengeluarkan isi produk. Pelembap ini mudah meresap di kulit dan tidak meninggalkan kesan berminyak serta tidak menyumbat pori-pori.

Pelembap mengandung glycerin serta sebulyse yang baik untuk kulit. Memiliki harga berkisar Rp 300 ribuan. Harga ini cukup sebanding dengan hasil yang diberikan.

Neutrogena Hydra Boost

Neutrogena Hydro Boost Moisturizer. Foto: Healthline
Neutrogena Hydro Boost Moisturizer. Foto: Healthline

Diformulasikan dengan Hyaluronic Acid dan Amino Acid yang dapat menjaga skin barier dan melembabkan secara lama.

Bertekstur gel berwarna biru muda, terasa ringan dan memiliki sensasi dingin setelah dipakai. Walau memiliki wangi yang cukup kuat namun produk ini nyaman digunakan.

Memiliki harga berkisar Rp 162 ribu, yang sebanding dengan hasil yang diberikan produk tersebut.

Dorskin Matcha Glow Dream Mask

DORSKIN Matcha Glow Dream Mask. Foto: BeautyHaul
DORSKIN Matcha Glow Dream Mask. Foto: BeautyHaul

Pelembap ini merupakan sleeping mask, digunakan saat rutinitas skincare malam untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sampai pagi.

Dibalut dalam kemasan yang simpel berwarna putih dan hijau mint. Pelembap ini memiliki wangi green tea yang cukup terasa di hidung, dengan tekstur gel yang cukup ringan sehingga membuat penyerapannya tidak terlalu lama.

Pelembap ini mengandung Centella Asiatica, Green Tea, dan Aloe Vera yang dapat menenangkan kulit berminyak dan berjerawat. Dibanderol dengan harga Rp. 129 ribu.

White Story Acne Day Moisturizer

White Story Acne Day Moisturizer. Foto: Sociolla
White Story Acne Day Moisturizer. Foto: Sociolla

Pelembap ini diformulasikan dengan Niacinamide, BHA< Centella Asiatica. Dikemas dalam bentuk yang simpel berwarna putih dengan tutup hijau.

Pelembap ini juga hadir dalam bentuk krim malam. Dibandrol dengan harga berkisar Rp. 47 ribu, yang cukup mudah dibeli.

Editor


Komentar
Banner
Banner