Kalteng

Peringati HKG-PKK, TP PKK Barito Utara Gelar Lomba dan Bakti Sosial

apahabar.com, MUARA TEWEH – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan bakti…

Featured-Image
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan bakti sosial dan berbagai lomba, Minggu (14/3/2021). Foto-Ist

bakabar.com, MUARA TEWEH – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan bakti sosial dan lomba, Minggu (14/3/2021).

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-49 tahun 2021 dilaksanakan di halaman Rumah Jabatan Bupati.

Sesuai dengan tema yang diambil pada peringatan HKG-PKK tahun 2021 ini yakni “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”, TP PKK Barito Utara selaku pembina dari PKK tingkat kecamatan, desa dan kelurahan ingin memberikan contoh kepedulian kepada sesama.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Barito Utara, Eveready Noor.

"Hendaknya peringatan HKG TP PKK ke-49 tahun ini tidak lagi bersifat seremonial pada tahun tahun berikutnya, melainkan berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh keluarga di Indonesia. Kembali ke rohnya yaitu kembali sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga," kata Eveready Noor dalam sambutannya.

Dia melanjutkan hal itu berarti keluarga sebagai unit terkecil masyarakat harus mendapat pemberdayaan yang fokus pada potensi kebutuhan yang secara langsung dapat menularkan kemampuan pada lingkungan sekitar dan memberi manfaat bagi banyak pihak.

Untuk itu, dia mengajak seluruh kader PKK Barito Utara tidak hanya berada pada tatanan wacana, melainkan wajib turun ke lapangan dan melakukan karya nyata dalam mewujudkan keluarga yang sehat, cerdas, juga inovatif.

Saat pandemi ini, kata dia, diharapkan menjadi titik tolak untuk bekerja secara nyata turun ke tengah masyarakat untuk terlibat langsung dalam meringankan beban warga terdampak.

"Melalui tema ‘Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju’ HKG TP PKK, saya mengajak seluruh kader TP-PKK dan kader dasawisma untuk terus melakukan upaya penyelelarasan program dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan penuh kreativitas," kata Eveready Noor.

Kemudian, sambung Eveready, dua hal pokok yang harus dilakukan adalah terus menggelorakan semangat dan motivasi untuk Indonesia maju dengan bakti, karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih mengembangkan daya inovasi.

Di tempat terpisah, Ketua TP-PKK Barito Utara, Hj Sri Hidayati, mengharapkan semangat yang ada tetap dapat dibina dan dijaga.

Dia juga menyampaikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dijalankan mulai dari dalam keluarga dan masyarakat.



Komentar
Banner
Banner