Kalteng

Peringati Hari Kanker Sedunia, Puskesmas Pulau Kupang Kapuas Gelar Pemeriksaan IVA

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Memperingati Hari Kanker Sedunia. Puskesmas Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalteng,…

Featured-Image
Ketua TP-PKK Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat saat meninjau kegiatan pemeriksaan IVA di Puskesmas Pulau Kupang. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Memperingati Hari Kanker Sedunia. Puskesmas Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar pemeriksaan IVA, Sabtu (5/2) sore.

Kegiatan pemeriksaan IVA tersebut diikuti puluhan warga, khususnya para kaum ibu yang tersebar di 8 desa wilayah Puskesmas Pulau Kupang.

Ketua TP-PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat, sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Karena bertujuan untuk mendeteksi dini kanker serviks.

“Saya mengapresiasi Puskesmas Pulang yang telah melaksanakan kegiatan ini dalam rangka hari kanker sedunia,” kata Ary saat meninjau kegiatan pemeriksaan IVA.

Ary bilang pemeriksaan IVA ini merupakan bentuk penghargaan kepada kaum perempuan. Karena perempuan juga mempunyai posisi yang strategis di bangsa ini. Karenanya ia yakin dan percaya bahwa para ibu kaum perempuan di Kapuas adalah kaum perempuan dan ibu yang berbahagia.

“Dengan diawali organ intim yang sehat tidak terdeteksi penyakit kanker. Jadi, itu harapan saya,” ujar Ary Egahni yang juga anggota Komisi III DPR RI.
Sementara itu Plt Kepala Puskesmas Pulau Kupang Hj Yoesthina, mengatakan pemeriksaan IVA diikuti sebanyak 63 orang peserta.

“Para peserta berasal dari 8 desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Bataguh,” katanya.

Nah, dari 63 orang peserta yang diperiksa, ditemukan satu orang yang terindikasi mengarah ke kasus kanker serviks.

“Satu peserta yang terdeteksi itu sudah kami rujuk ke rumah sakit untuk ditindaklanjuti,” pungkas Yoesthina.



Komentar
Banner
Banner