hari buruh internasional

Peringatan Hari Buruh di Solo Dilakukan dengan Pembagian Sembako

Peringatan hari buruh di Solo, Senin, (01/05/2023) dilakukan dengan pembagian sembako di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Jl. Slamet Riyadi, No. 306, Sriwedari

Featured-Image
Pembagian paket sembako pada serikat buruh. Foto : apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Peringatan Hari Buruh di Solo, Senin, (01/05) dilakukan dengan pembagian sembako di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Jl. Slamet Riyadi, No. 306, Sriwedari, Kecamatan Laweyan.

Menurut Kepala Disnaker Solo, Widyastuti, setidaknya terdapat sebanyak 1.083 paket sembako yang dibagikan pada serikat pekerja dan serikat buruh. Dalam acara bertema Solo Peduli Buruh dan Pekerja.

"Kita mengakomodir dari serikat pekerja dan serikat buruh yang tidak menerima tunjangan hari raya (THR) sesuai ketentuan. Sehingga bapak Wali Kota berkenan memberikan bantuan melalui bantuan presiden yang diterima," ungkap Widyastuti, Senin, (01/05).

Kepala Disnaker Solo, saat memberikan sambutan pada peringatan hari buruh. Foto : bakabar.com/Fernando
Kepala Disnaker Solo, saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Buruh Internasional. (Foto: bakabar.com/Fernando)

Widyastuti mengatakan pihaknya hingga saat ini menerima 65 aduan baik itu dari personal maupun dari beberapa karyawan perusahaan yang tidak menerima THR sesuai ketentuan.

Baca Juga: Peringati Hari Buruh di Maluku dengan Berbagi Sembako untuk Pekerja Korban PHK

"Namun semua sudah kita tindaklanjuti sesuai batas kewenangan kami. Kami naikan ke Satwasker Provinsi agar ditindaklanjuti dari sisi regulasi seperti itu. Jadi dari perusahaan dan dari serikat buruh sudah ada kesepakatan," ujarnya.

Sementara itu Adisti, dari Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) menjelaskan bahwa saat ini di Solo memang tidak ada aksi. Setelah adanya lembaga di dinas ketenagakerjaan bernama lembaga tripartit.

Baca Juga: Peringati May Day, Puluhan Ribu Buruh Geruduk Istana Negara

"Terakhir 2008 waktu mayday kita pasti mengadakan aksi. Setelah adanya lembaga di dinas lembaga tripartit kita selesaikan permasalahan di dinas. Kita sudah ada perwakilan dari buruh dari 3 elemen mulai dari serikat pekerja, apindo dan dinas," ujarnya.

Meski demikian dirinya mengaku masih banyak permasalahan dari setiap perusahaan. Namun berusaha untuk melobi dari dinas untuk bisa diselesaikan dari dinas.

Editor


Komentar
Banner
Banner