Pikun

Perbanyak Kalium untuk Cegah Pikun pada Lansia

Lansia selalu lekat dengan demensia atau pikun. Ternyata mengonsumsi kalsium bisa membantu menjaga daya ingat lansia.

Featured-Image
Konsumsi kalium untuk cegah pikun pada lansia. Sumber: Hindustan Times

apahabar, JAKARTA - Lansia selalu lekat dengan demensia atau pikun. Ternyata mengonsumsi kalsium bisa membantu menjaga daya ingat lansia.

Menurunnya fungsi otak karena faktor usia tak bisa dihindari. Tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya supaya tak bertambah parah.

Bagi lansia atau mereka yang sudah berusia di atas 60 tahun, disarankan untuk tetap melakukan aktivitas fisik, dan aktivitas yang merangsang otak tetap bekerja, juga mengonsumsi makanan tinggi kalsium untuk menjaga otak tetap berfungsi optimal meski terjadi penurunan fungsi.

Baca Juga: Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional, Lansia Terawat Indonesia Bermartabat

Guru Besar bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS mengatakan fungsi otak bisa menurun seiring bertambahnya usia seperti mudah pikun dan hilang daya ingat.

Dia menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium untuk menjaga daya ingat pada lansia.

“Konsumsi kalium penting untuk daya ingat lansia antara lain ada dalam pisang. Beberapa gizi terkait otak adalah omega 3 dan 6, meningkatkan konsentrasi adalah zat besi dan lain-lain,” ujar Prof. Ali, Senin (24/7).

Selain terdapat pada pisang kalium juga terdapat pada ubi, kentang, susu, tomat, kacang merah dan sea food. Tapi bagi lansia tentu tak semua makanan tersebut aman bagi kesehatannya. Jadi tetap harus dipilih makanan yang mengandung kalium tanpa harus berdampak pada kondisi kesehatan lainnya.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, Ali juga menyarankan untuk mengasah otak dengan permainan seperti mengisi teka teki silang.

Menurut Ali, teka teki silang dapat bermanfaat untuk melatih otak seorang lansia dan melatih daya ingat. Jadi mengonsumsi makanan tinggi kalium dan mengasah teka teki silang bisa dilakukan untuk menjaga agar otak tak begitu saja kehilangan kemampuan mengingat.

Editor


Komentar
Banner
Banner