Hot Borneo

Per Hari Ini, Warga Kalsel Sudah Bisa Tukar Uang Baru Emisi 2022

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah bisa melakukan penukaran tujuh pecahan uang rupiah baru…

Featured-Image
Rudy atau akrab disapa Edoy, salah seorang warga Banjarmasin yang menukarkan uang baru emisi 2022. Foto-apahabar/Rizal

bakabar.com, BANJARMASIN – Warga Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah bisa melakukan penukaran tujuh pecahan uang rupiah baru emisi 2022 per hari ini, Sabtu (20/8).

Di Banjarmasin, penukaran digelar di tiga lokasi berbeda.

Di antaranya Pasar Sentra Antasari, Pasar Kuripan dan halaman kantor Bank Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Imam Subarkah mengatakan ada Rp2,4 triliun uang baru emisi 2022 yang akan disebarkan di Kalsel dan Kalteng.

“Ini bukan uang khusus seperti Rp75 ribu. Uang ini akan disebarkan ke seluruh pelosok Kalsel sebagai nilai tukar yang sah,” ucap Imam Subarkah usai membuka serimonial kas keliling bersama dan pengenalan uang rupiah baru emisi 2022 di Banjarmasin.

Ia mengungkapkan bahwa uang rupiah baru emisi 2022 dibuat berdasarkan masukan dari masyarakat.

Menurutnya, uang ini sangat sulit dipalsukan lantaran memakai benang pengaman teknologi terkini (microlenses) sebagai best practice internasional.

Di sisi lain, BI juga melakukan penguatan teknologi tinta berubah warna dengan menambahkan fitur magnetic link sehingga memiliki efek gerak dinamis pada pecahan besar (OVMI) sebagai best practice internasional.

Kemudian, BI melakukan penguatan unsur pengaman ultraviolet (UV) dengan perluasan sebaran luas area UV dan keragaman warna.

Selanjutnya, BI meningkatkan kontras warna antarpecahan uang agar semakin mudah dibedakan.

Terakhir, BI melakukan standarisasi desain dan tata letak unsur pengamanan serta meningkatkan selisih ukuran panjang antarpecahan dari 2 mm menjadi 5 mm.

“Penggunaan teknologi coating untuk melindungi tinta agar tidak cepat pudar pada pecahan kecil Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000 akan menambah lama masa peredaran pecahan uang tersebut,” tutupnya.



Komentar
Banner
Banner