liga inggris

Pep Guardiola: Erling Haaland Bisa Lewati Rekor CR7-Messi

Pelatih Manchester City Pep Guardiola, meyakini jika Erling Haaland bisa menyamai pencapaian rekor gol Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Featured-Image
Erling Haaland mencetak gol ke 29 dan 30 di Liga Inggris musim ini saat Manchester City menang 4-1 lawan Southampton. (Foto: dok. mancity)

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih Manchester City Pep Guardiola, meyakini jika Erling Haaland bisa menyamai pencapaian rekor gol Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pemain berusia 22 tahun itu mencetak brace untuk menambah catatan gol ke-44 di City, kala mereka mengalahkan Southampton dengan skor 4-1, Minggu (9/4) dini hari WIB.

Haaland juga menjadi pemain ketiga yang mencapai torehan 30 gol pada musim debutnya di Liga Inggris, menyamai hasil Andrew Cole dan Kevin Philips.

Sementara Messi dan Ronaldo sudah memiliki lebih dari 800 gol sepanjang karirnya hingga kini berusia di atas 30 tahun.

Baca Juga: Marcus Rashford Cedera Lagi, Erik Ten Hag Salahkan Jadwal Padat

Tapi Guardiola, yang pernah melati Messi selama empat musim di Barcelona, yakin jika Haaland bisa menggapai rekor yang sama, bahkan lebih.

Pemain yang datang dari Borussia Dortmund itu sudah menjebol gawang sebanyak 200 kali dari 244 penampilan sejak berkarir di sepal bola profesional.

"Untuk mencapai level Cristiano dan Messi butuh banyak kerja keras. Mereka tidak pernah cedera," ujar Pep Guardiola di laman resmi klub.

"Erling sangat tinggi. Dia sangat besar. Jadi dia butuh perhatian lebih terhadap fisiknya. Tapi sejak saya bertemu dengannya dia punya pemikiran yang benar. Dia berada di jalur yang benar."

Baca Juga: Nice 0-2 PSG, Lionel Messi Jawab Ejekan Fans dengan Gol ke-1000

"Dia menaruh tekanan pada dirinya sendiri seperti Messi dan Ronaldo. Ketika dia tidak mencetak dua atau tiga gol, dia akan berkata apa masalahnya, apa masalahnya? Torehan yang ia miliki di usianya saat ini sangat luar biasa," lanjut Guardiola.

Meski mengakui Messi merupakan pemain komplit, Guardiola yakin mesin pemain asal Norwegia itu bisa menyusul torehan La Pulga.

Bukti jelas terlihat ketika Haaland menjadi top skorer di Liga Inggris, yang diyakini Pep sebagai kompetisi tersulit di dunia.

Baca Juga: Haaland Cetak Gol Brilian, De Bruyne: Saya Tak Akan Bisa!

"Saya rasa Messi adalah pemain yang lebih komplit. Dia bisa bermain di mana saja karena ia mengerti permainan," tambah Guardiola.

"Dua lainnya, Haaland dan Ronaldo adalah mesin gol. Tapi Haaland mendominasi dalam satu tahun, sementara Messi dan Ronaldo dalam dua dekade."

"Erling masih berusia 22 tahun dan dia bermain di liga tersulit di dunia. Saya bisa mengatakan ini karena saya pernah berada di liga lain. Apa yang sudan dia lakukan sangatlah luar biasa," tutup mantan pelatih Barcelona itu.

Editor


Komentar
Banner
Banner