Kalteng

Penyerapan Dana Desa di Kapuas Kalteng Belum Capai Target

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Penyerapan Dana Desa (DD) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, per Agustus 2020 masih…

Featured-Image
Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bersama camat dan para kepala desa di Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Penyerapan Dana Desa (DD) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, per Agustus 2020 masih belum sesuai target.

Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor, mengatakan penyerapan DD Kapuas per Agustus 2020 baru mencapai 72 persen.

“Targetnya yang seharusnya delapan puluh persen, namun yang terserap hanya tujuh puluh dua persen,” katanya saat rapat koordinasi percepatan penyaluran dana desa di aula Kantor Pemkab Kapuas, Rabu (16/9).

Menurut Nafiah Ibnor kecepatan pemerintah desa dalam membelanjakan DD maupun ADD akan mendorong perputaran uang di desa yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi di desa.

Karenanya, Nafiah meminta agar anggaran yang diberikan pada desa segera dieksekusi, sehingga dapat secepatnya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat melalui program-program prioritas yang telah ditetapkan.

“Kepada Dinas PMD dan Camat agar membantu dan mendorong desa agar lebih tepat waktu dalam mencapai realisasi dana desa,” pinta Nafiah.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kapuas, Yan Marto, mengharapkan agar kepala desa dapat meningkatkan kinerja.

“Tingkatkan kinerja untuk mempercepat penyaluran, pengusulan, penyerapan dan penggunaan dana desa. Karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama dalam masa pandemi ini,” harap Yan Marto.



Komentar
Banner
Banner