Tak Berkategori

Penyanyi Legendaris Lata Mangeshkar Meninggal Dunia, India Kibarkan Bendera Setengah Tiang

apahabar.com, JAKARTA – India tengah berduka. Penyanyi legendaris film-film Bollywood, Lata Mangeshkar, meninggal dunia, Minggu (6/2)….

Featured-Image
Ratusan warga India mengantar jenazah Lata Mangeshkar yang meninggal dunia, Minggu (7/2). Foto: Alonesia

bakabar.com, JAKARTA – India tengah berduka. Penyanyi legendaris film-film Bollywood, Lata Mangeshkar, meninggal dunia, Minggu (6/2).

Penyanyi yang dijuluki Queen Of Melody itu meninggal dunia dalam usia 92 tahun, setelah terpapar Covid-19.

Sebelum tutup usia, Lata Mangeshkar sudah masuk rumah sakit sejak 11 Januari 2022. Sempat terlihat membaik, sebelum kembali memburuk dan harus memakai alat bantu pernapasan.

Kepergian Lata Mangeshkar menyisakan duka mendalam. Tak hanya penggemar dan artis lain, Pemerintah India juga merasakan hal serupa.

Bahkan Kementerian Dalam Negeri India menyatakan masa berkabung sepanjang Minggu dan Senin. Pun bendera kebangsaan negara dipasang setengah tiang untuk menghormati Lata Mangeshkar.

“Lata Didi yang baik dan penuh perhatian telah meninggalkan kita. Ia pergi meninggalkan lubang di negara kita yang tak akan pernah bisa diisi,” tulis Perdana Menteri India, Narendra Modi, via Twitter.

“Generasi mendatang akan mengenangnya sebagai sosok yang setia dalam budaya India. Suara merdunya tak bisa dibandingi dalam membuat orang terkagum-kagum,” tambahnya.

Lata Mengeshkar lahir di Indore, tepatnya di negara bagian Madhya Pradesh, 28 September 1929. Memulai karier sejak 1942, Queen Of Melody telah menyanyi untuk lebih dari 980 judul film Bollywood.

Beberapa lagu yang evergreen di antaranya Lag Jaa Gale, Ajeeb Dastan Hai Yeh, Aaj Phir Jeene Ki Tamanna Hai, Pyaar Kiya Toh Darna Kya, Yeh Galiyan Yeh Chaubara, Tere Liya dan Jiya Jale.

Lata Mengeshkar pula yang membuat Raja Dangdut Indonesia, Rhoma Irama, tertarik dengan lagu-lagu India.

Akhirnya Rhoma Irama berkesempatan menggandeng Lata untuk membuat dua album di Indonesia. Dengan kerendahan hati, Lata menyanyikan lagu ciptaan Rhoma berjudul Mawar Merah, Orang Asing, Datang Untuk Pergi, Di Tepi Pantai dan Musim Cinta.

Sedangkan Rhoma Irama menyanyikan lagu India yang diubah ke dalam Bahasa Indonesia dengan judul Purnama, Sifana, Sedekah, Puja dan Wahai Pesona.

Walaupun sebagian besar lagu yang dibawakan menggunakan Bahasa Hindi, Lata dapat menyanyi dalam 20 bahasa daerah di India.

Sulung dari lima bersaudara yang kesemuanya penyanyi ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan seperti Padma Bhushan.

Lata juga masuk Guinness Book of World Records sejak 1974 hingga 1991 sebagai penyanyi yang memiliki jumlah rekaman terbanyak di dunia.

Komentar
Banner
Banner