News

Pentingnya Kurma dan Air, 5 Tips Sahur Agar Tak Dehidrasi Selama Puasa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dehidrasi selalu menjadi momok selama berpuasa. Karenanya konsumsilah makanan yang dianjurkan ketika sahur,…

Featured-Image
Kurma. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Dehidrasi selalu menjadi momok selama berpuasa. Karenanya konsumsilah makanan yang dianjurkan ketika sahur, seperti buah-buahan.

Ya, wajar jika tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa. Yang harus kita lakukan sebagai bentuk antisipasi adalah mempersiapkan bekal cairan tubuh ketika sahur.

Saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki kadar air yang tinggi. seperti buah-buahan berair misalnya, itu bisa mencukupi kebutuhan kadar air harian selama berpuasa.

Selain itu, hindari juga makanan yang justru membuat tubuh terasa haus berkepanjangan hingga dehidrasi. Hal itu bisa membuat ibadah puasa kamu menjadi lemas.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Cara sederhana untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa adalah dengan minum air putih yang cukup ketika sahur. Seperti dikutip dari Detik.com, tips ini selalu disarankan oleh ahli gizi.

Bahkan menurut penelitian, rata-rata orang harus minum sekitar 2 liter dalam sehari agar tubuhnya tidak mengalami dehidrasi sepanjang hari selama berpuasa.

2. Mengonsumsi Kurma

Kurma merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa dan sahur. Makan kurma di bulan suci ramadan bahkan menjadi sunah Nabi Muhammad SAW.

Bukan hanya itu, makan kurma saat sahur juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Secara ilmiah, kurma kaya akan tembaga, selenium dan magnesium yang dibutuhkan tubuh.

Kurma juga mengandung vitamin K yang membantu sel-sel tubuh manusia untuk menyimpan cairan karena ini merupakan sumber alami glukosa, sehingga meningkatkan penyerapan natrium dan air di usus.

3. Konsumsi Yogurt

Ternyata, yogurt juga bisa membantu menghidrasi tubuh. Fakta ini pernah disebutkan oleh sebuah penelitian. Para peneliti menyarankan untuk makan yogurt di akhir waktu sahur.

Menurut peneliti, makan yogurt selain bisa menghidrasi tubuh juga bisa menenangkan perut dan mencegah keasaman, yang pada akhirnya mencegah kamu dari dehidrasi.

4. Hindari Makan Asin

Ketika sahur, sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung banyak garam karena bisa menyebabkan haus. Natrium dalam jenis makanan asin membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Ketika kamu mengonsumsi makanan asin, maka air akan ditarik dari sel-sel tubuh. Nah, kondisi itulah yang kemudian memicu rasa haus.

5. Konsumsi Buah

Selain dari air, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi. Seperti tomat, semangka, timun, kiwi, jeruk dan buah-buahan berair lainnya.

Semangka biasanya yang paling banyak dicari. Dalam 100 gram semangka memiliki kandungan air sebanyak 91%. Begitu juga dengan buah kiwi yang kandungan airnya mencapai 90%.



Komentar
Banner
Banner