Pemkab Tanah Bumbu

Pengrajin Gula Merah di Tanbu Dapat Bantuan

apahabar.com, BATULICIN – Para pengrajin gula merah di Kabupaten Tanah Bumbu mendapat bantuan dari pemerintah daerah….

Featured-Image
Para pengrajin gula merah di Batulicin mendapat bantuan wajan dan tungku dari Pemkab Tanbu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Para pengrajin gula merah di Kabupaten Tanah Bumbu mendapat bantuan dari pemerintah daerah.

Bantuan berupa wajan dan tungku diberikan kepada pengrajin gula merah di Kecamatan Batulicin, Simpang Empat, Kusan Hilir, dan Kusan Hulu. Bantuan itu pertama kali diserahkan kepada lima pengrajin gula merah di Kecamatan Batulicin, Selasa (03/09).

Bantuan itu diserahkan oleh Kabid Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Indra, didampingi anggota DPRD Tanah Bumbu, Sayyid Ismail Khollil Alydrus dan Lurah Batulicin yang diwakili Staf Kessos dan Pemas, Abdul Muhaiming Siddiq.

Anggota DPRD Tanah Bumbu, Sayyid Ismail Khollil Alydrus mengatakan pemberian bantuan itu merupakan inisiatif dari anggota dewan di Dapil 1. Mereka melihat pengrajin gula merah sangat membutuhkan peralatan tambahan untuk meningkatkan hasil produksi gula merah.

“Itu memang inisiatif saya dan kawan-kawan di Dapil 1. Kami melihat pengembangan usaha kecil itu masih belum majsimal,” kata Said Ismail, kepadabakabar.com, Selasa (03/09).

Dengan bantuan tersebut diharapkan pelaku usaha kecil dapat mengembangkan usahanya dengan baik. Pemerintah daerah juga akan membantu pengrajin gula merah untuk memasarkan produknya.

Sebenarnya, kata Ismail, pihaknya mengusulkan agar pengrajin gula merah juga mendapat bantuan kompor yang menggunakan tabung gas 3k kilogram. Namun, berdasarkan hasil evaluasi dinas terkait, warga justru tidak membutuhkan kompor untuk membuat gula merah.

“Mereka lebih suka pakai kayu agar cita rasanya tetap terjaga,” katanya.

Lurah Batulicin melalui stafnya, Abdul Muhaiming Siddiq, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Tanah Bumbu yang sudah memberikan bantuan tersebut.

“Kita harapkan melalui bantuan ini produksi gula merah dapat meningkat. Ini juga sangat membantu perekonomian warga di sini,” kata Mimink Boy.

Baca Juga:Pemerintah Perlu Perhatikan Teknologi Pengrajin Sasirangan

Baca Juga:Pemuda Pengrajin Kayu Bekas Tabalong Tampil di Ajang The 21St Jakarta International Handicraft Trade…

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner