Kalteng

Pengembangan Food Estate, Balitbangtan Tinjau Lahan Pertanian di Kapuas

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI, Fajri Jupri,…

Featured-Image
Kepala Balitbangtan Fajri Jupri didampingi Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat meninjau lahan pertanian di Desa Terusan Karya. Foto-apahabar.com/Irfan

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian RI, Fajri Jupri, berkunjung ke Kabupaten Kapuas, Kamis (20/8).

Kedatangan Fajri Jupri untuk meninjau langsung sejumlah lokasi lahan pertanian di Kapuas, salah satunya di Desa Terusan Karya, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Turut mendampingi kunjungan Kepala Balitbangtan saat itu di antaranya Dandrem 102/Panju Panjung, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri.

Kedatangan mereka di kabupaten berjuluk Tinggang Menteng Panunjung Tarung sehubungan rencana pengembangan program food estate di Kabupaten Kapuas.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat mengatakan lahan pertanian di Desa Terusan akan dijadikan sebagai tempat pembibitan padi unggul untuk mendukung program food estate.

“Jadi, ini merupakan suatu yang luar biasa nanti bagi daerah Kabupaten Kapuas bahkan juga Indonesia,” kata Ben saat mendampingi rombongan Kepala Balitbang meninjau lahan pertanian di Desa Terusan Karya.

Sehubungan program food estate, Ben Brahim juga mengatakan bahwa nantinya akan dibangun jalan tembus Kapuas ke Pelabuhan Batanjung yang dananya bersumber dari APBN Kementerian PUPR.

Sementara itu, Ronjikan, salah satu tenaga penyuluh yang mewakili petani, berharap dengan adanya program food estate, pemerintah daerah maupun pusat bisa all out membantu petani.

“Sehingga petani tidak lagi terkendala sarana produksi, terkendala pemasaran dari segi hasil,” harapnya.

Bahkan jika perlu, kata Ronjikan, subsidi dari pupuk dialihkan ke subsidi pembelian gabah sehingga petani bisa menikmati harga dengan layak.

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner