Borneo Hits

Pendaftaran Resmi Ditutup, Pilkada Batola Diikuti Tiga Bakal Pasangan Calon

Hingga masa pendaftaran ditutup, Kamis (30/8) pukul 23.59 Wita, dipastikan Pilkada Barito Kuala (Batola) 2024 diikuti tiga bakal pasangan calon.

Featured-Image
Ketua KPU Batola, Rusdiansyah, ketika menutup pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada 2024. Foto: KPU Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Hingga masa pendaftaran ditutup, Kamis (30/8) pukul 23.59 Wita, dipastikan Pilkada Barito Kuala (Batola) 2024 diikuti tiga bakal pasangan calon.

Selama tiga hari masa pendaftaran yang dibuka sejak 27 Agustus 2024, dua dari tiga bakal pasangan calon memasukkan berkas di hari kedua ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batola, Rabu (28/8).

Mereka adalah Mujiyat-Fahrin Nizar yang tercatat pukul 11.00 Wita, dan H Rahmadian Noor-H Sumarji sekitar pukul 14.00 Wita.

Kemudian di hari terakhir, bakal pasangan calon yang mendaftar adalah H Bahrul Ilmi-H Herman Susilo.

Seperti proses pendaftaran Mujiyat-Fahrin Nizar maupun Rahmadian Noor-Sumarji, berkas administrasi Bahrul-Herman dinyatakan diterima KPU.

Namun setali tiga uang dengan dua pasangan sebelumnya, salah satu berkas persyaratan Bahrul-Herman belum terunggah di Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Untungnya proses perbaikan persyaratan administrasi tidak berlangsung lama, karena berkas dimaksud sudah tersedia.

Selain berkas yang belum terunggah, proses pendaftaran Bahrul-Herman juga diganggu pemadaman aliran listrik PLN di Marabahan dan sekitarnya.

"Alhamdulillah sampai penutupan masa pendaftaran, tiga pasangan bakal calon telah mendaftarkan diri," papar Ketua KPU Batola, Rusdiansyah, Jumat (30/8).

"Adapun syarat ketika bakal pasangan calon sudah lengkap. Juga telah diberikan tanda terima dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin," tutupnya.

Untuk mendaftar sebagai bakal pasangan calon, Bahrul-Herman diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Ummat dan Demokrat.

Sementara Rahmadian Noor-Sumarji diusung Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang (PBB), Perindo, Partai Garuda dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Adapun Mujiyat-Fahrin disokong Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sesuai ketetapan KPU, penetapan pasangan calon akan diumumkan 22 September 2024. Namun sebelumnya masih terdapat beberapa tahapan yang dilalui.

Berikut tahapan pendaftaran dan penelitian persyaratan paslon Pilkada 2024:

- Pendaftaran paslon: 27-29 Agustus 2024.
- Pemeriksaan kesehatan: 27 Agustus-2 September 2024.
- Penelitian persyaratan administrasi calon: 29 Agustus-4 September 2024.
- Pemberitahuan hasil penelitian persyaratan administrasi calon oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota: 5-6 September 2024.
- Perbaikan dan penyerahan perbaikan persyaratan administrasi calon dan pengajuan calon pengganti oleh parpol peserta pemilu atau gabungan parpol peserta pemilu dan/atau paslon perseorangan kepada KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota: 6-8 September 2024.
- Penelitian perbaikan persyaratan administrasi calon dan penelitian dokumen syarat calon pengganti oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota: 6-14 September 2024.
- Pemberitahuan dan pengumuman hasil penelitian persyaratan administrasi calon oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota: 13-14 September 2024.
- Masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan paslon: 15-18 September 2024.
- Klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan paslon: 15-21 September 2024.

Editor


Komentar
Banner
Banner