Hot Borneo

Pencegahan Hama Tungro Disosialisasikan kepada Petani Kapuas Kuala

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng, menyosialisasikan pencegahan hama padi tungro kepada petani…

Featured-Image
Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng, mensosialisasikan pencegahan hama padi tungro kepada petani di Kecamatan Kapuas Kuala, Jumat (20/5). Foto: Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng, menyosialisasikan pencegahan hama padi tungro kepada petani di Kecamatan Kapuas Kuala, Jumat (20/5).

Sosialisasi dilaksanakan oleh Kepala BPP Kecamatan Kapuas Kuala, Deravana Rumahorbo dan Mantri Tani Bagio serta semua PPL pertanian dan pengamat di wilayah setempat.

Kegiatan sosialisasi yang juga dihadiri Camat Kapuas Kuala, Inop, tersebut di pusatkan di Desa Wargomulyo.

Mantri Tani Bagio mengatakan, serangan hama tungro di Kapuas Kuala terdapat di 6 desa yaitu Desa Tamban Baru Selatan, Wargomulyo, Sei Bakot, Lupak Dalam.

Kemudiam Desa Tamban Lupak dan Lupak Timur dengan luas lahan yang terserang kurang lebih seluas 51 hektare.

Adapun upaya yang dilakukan, di samping memberikan sosialisasi kepada para petani, juga dengan memberikan bantuan obat-obatan insektisida (Lugen) dan pupuk.

“Bantuan obat-obatan diberikan kepada para petani yang lahanya terserang hama. Termasuk petani yang lahannya berdekatan dengan lahan yang sudah terserang, untuk mencegah meluasnya hama tungro,” katanya.

Sementara itu Camat Kapuas Kuala, Inop, menyampaikan terima kasih kepada petugas pertanian yang bekerja cepat menangani kasus serangan hama tungro.

“Sehingga serangan hama tungro di wilayah Kecamatan Kapuas Kuala dapat dikendalikan perkembangannya. Jadi, terima kasih sekali,” ucapnya.

Kepada para petani, Inop pun berpesan agar senantiasa melakukan komunikasi dengan para petugas pertanian. Sehingga permasalahan yang dihadapi dapat dengan cepat tertangani.

Komentar
Banner
Banner