Arus Mudik 2023

Pemudik di Terminal Pulogebang Melonjak hingga 85 Persen

Volume pemudik di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur saat memasuki H-4 Lebaran 2023 melonjak drastis hingga mencapai 85 persen.

Featured-Image
Suasana Terminal Terpadu Pulogebang yang telah dipadati para pemudik Foto: apahabar.com/Juned Rodo

bakabar.com, JAKARTA - Volume pemudik di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur saat memasuki H-4 Lebaran 2023 melonjak drastis hingga mencapai 85 persen.

Kepala Terminal Terpadu Pulogebang, Emanuel mengatakan lonjakan penumpang hampir menyentuh angka 90 persen disebabkan karena tidak ada pembatasan dan larangan mudik.

Baca Juga: H-4 Lebaran, Bus Tujuan Sumatera Masih Mendominasi Terminal Bekasi

"Memang memiliki perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya di mana tahun sebelumnya kita masih dalam masa pandemi," kata Emanuel saat di konfirmasi bakabar.com di lokasi, Jakarta (18/4).

"Tahun ini kita sudah lepas dari masa pandemi dan kita sudah lihat dari fluktuasi atau jumlah penumpang mengalami peningkatan jumlah yang cukup signifikan," sambung dia.

Baca Juga: Pastikan Mudik 2023 Aman, 200 Sopir Bus di Terminal Bekasi Jalani Tes Kesehatan

Emanuel memprediksi bahwa jumlah penumpang pada Selasa (18/4) akan terus mengalami peningkatan bahkan melewati dari angka perolehan sebelumnya pada Minggu (16/4) kemarin.

"Kita bandingkan dari tahun lalu itu ada peningkatan sekitar 85 persen dan jika kita bandingkan dengan hari sebelumnya (Senin, 17/4) itu ada peningkatan sekitar 33 persen," jelasnya.

Sebab per hari ini, masa libur mudik lebaran 2023 sudah diterapkan sehingga membuat lonjakan signifikan di Terminal Pulogebang.

"Prediksi kami hari ini hari terakhir untuk masyarakat masuk kerja atau aktivitas, dan besok sudah mulai masa masuk cuti bersama. Hari ini akan ada penambahan kembali, mungkin diprediksi untuk hari ini kenaikan bisa diangkat 3.500 atau 4.000 penumpang," pungkasnya.

Baca Juga: Lebih Awal, Pemudik Gratis dari DKI Tiba di Terminal Tirtonadi Solo

Berdasarkan data keberangkatan, Minggu (16/4) jumlah pemudik mencapai 3.251, dan di hari Senin (17/4) tercatat pemudik sebanyak 2.703 penumpang.

Selanjutnya pada Selasa (18/4) tercatat sementara hingga siang hari ini sebanyak 808 penumpang yang telah melakukan perjalanan mudik lebaran melalui Terminal Terpadu Pulogebang.

Editor


Komentar
Banner
Banner