Megaproyek IKN

Pemprov Kalsel Targetkan 2024 Infastruktur Terkoneksi ke IKN

Pemerintah Provinsi menargetkan tahun 2024, infrastruktur di wilayahnya akan terkoneksi ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Featured-Image
Pemprov Kalsel ingin bangun ruas jalan untuk konektivitas Banua dengan IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Foto-PUPR Kalsel

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menargetkan tahun 2024, infrastruktur di wilayahnya akan terkoneksi ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan menerangkan pihaknya akan melakukan pembangunan infrastruktur berupa jalan hingga jembatan yang dapat menghubungkan antarprovinsi.

Pembangunan tersebut diharapkan dapat menghubungkan Kalsel ke IKN Nusantara. Adapun akses jalan yang akan dibuat menghubungkan Banjarbaru-Batulicin-Balangan yang sifatnya konektivitas.

"Tujuannya untuk memangkas jalan dan mempersingkat jarak tempuh," kata Solhan di Banjarbaru, Selasa (14/11).

Baca Juga: Menggiurkan! IKN Tawarkan Peluang Investasi Perumahan, Cek Unitnya

Pihaknya ingin mendorong pembangunan jalan di kabupaten yang dapat menghubungkan Banjarbaru-Batulicin. Salah satunya dengan membangun bypass.

Selain itu, kata Solhan, PUPR Kalsel juga memiliki delapan proyek pembangunan infrastruktur berbasis kewilayahan yang disusun untuk mendukung konektivitas IKN Nusantara.

Posisi pertama adalah pembangunan Jalan Banjarbaru-Batulicin. Jalan ini menghubungkan antara kawasan inti Kawasan Strategis Nasional (KSN) Perkotaan Metropolitan Banjarbakula dengan Kawasan Industri (KI) Batulicin.

Kemudian pembangunan Jembatan Kalimantan-Pulau Laut. Jembatan yang sudah lama diidam-idamkan ini diproyeksikan untuk mendukung akses Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar Putih menuju IKN.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik di IKN, PLN Akan Tambah SPKLU

Jembatan Tabukan-Dadahup dan infrastruktur jalan penghubung, juga termasuk delapan proyek pembangunan infrastruktur berbasis kewilayahan yang direncanakan Kalsel.

Jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Tabukan di Barito Kuala dengan Kecamatan Kapuas Murung di Kapuas, Kalimantan Tengah. Pembangunan jembatan ini terkait dengan rencana pembangunan jalan lintas barat.

Adapun rencana keempat berupa pembangunan Jalan Lintas Barat yang menghubungkan Barito Kuala-Tabalong, diikutu rencana kelima berupa pembangunan jaringan Tol Batulicin-Tanah Grogot.

Baca Juga: Jepang Mulai Melirik Proyek Jalur Kereta Api di IKN

Selanjutnya pembangunan Jalan Halong-Manggalau sebagai alternatif penghubung sisi timur dan sisi barat Kalsel ke IKN. Selanjutnya pembangunan jalan alternatif Lintas Tengah Banjarmasin-Tanjung untuk mendukung konektivitas Banjarbakula menuju IKN.

Sementara rencana terakhir adalah pembangunan Jembatan Barito II. Ini mendukung konektivitas di bagian timur Kalsel dan menghubungkan pusat pertumbuhan ekonomi di Kalteng.

Editor


Komentar
Banner
Banner