Gempa Cianjur

Pemprov DKI Kirim 154 Satgas untuk Penanganan Gempa Cianjur

BPBD DKI mengirimkan 154 Personel satgas tanggap darurat, untuk penanganan gempa bumi di Cianjur.

Featured-Image
Bantuan logistik yang akan dikirimkan untuk korban bencana gempa cianjur. (Foto: Humas Balai Kota)

bakabar.com, JAKARTA – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Isnawa Adji mengirimkan 154 Personel Satgas Tanggap Darurat, untuk penanganan gempa Cianjur.

Satgas tersebut terdiri dari BPBD, Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD), Satpol PP, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos).

Kemudian Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik), Biro Kerja Sama Daerah, dan BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta.

Baca Juga: BNPB Rilis Korban Meninggal Dunia Mencapai 268 Orang

“Sesuai dengan arahan Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk membantu meringankan warga masyarakat Cianjur dan wujud kepedulian Pemprov DKI Jakarta terhadap daerah lain yang tertimpa musibah,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (22/11).

Selain itu, bantuan juga diberikan dalam bentuk pengiriman logistik untuk memenuhi kebutuhan masyarkat Cianjur.

Bantuan yang Diberikan

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD DKI, Sabdo Kurnianto menjelaskan, dikirimkan juga kendaraan operasional pendukung untuk penanganan gempa bumi,

Kendaraan tersebut, yakni mobil truk (12 unit), mobil ambulans (3 unit), mobil double cabin (2 unit), bus (2 unit), dan motor trail (2 unit).

Baca Juga: Memasuki Musim Hujan, BMKG Imbau Waspadai Bencana Longsor di Cianjur

“Setelah mendapatkan informasi gempa bumi ini, kami langsung berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur dan BNPB untuk menanyakan kondisi di lapangan, serta kebutuhan yang diperlukan untuk kami serahkan kepada Kabupaten Cianjur,” kata Sabdo.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga memberi bantuan logistik berupa 31 item barang yang bernilai Rp2,1 miliar untuk membantu penanganan gempa bumi.

Logistik yang diberikan berupa makanan siap saji, air mineral, tenda pengungsi, velbed, kasur lipat, guling, bantal, selimut, terpal.

Kemudian matras, ember, gayung, kipas angin, masker medis, hygiene kit, sarung, mukenah, tali tambang goni, karung, sekop, cangkul, cangkrang, paket perlengkapan keluarga, paket perlengkapan balita, dan paket sandang.

“Pemprov DKI membantu penanganan musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur sebagai wujud kepedulian dan solidaritas terhadap sesama anak bangsa yang membutuhkan bantuan,” ujar Sabdo.

Personel yang Diturunkan

Personel gabungan yang diberangkatkan terdiri dari tim medis yang akan memberikan bantuan kesehatan yang diperlukan masyarakat, tim dapur umum yang akan memberikan bantuan makanan.

Terdapat tim yang akan membenahi rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa, dan tim yang akan memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada para penyintas bencana.

“Kami berharap bantuan yang diberikan bagi masyarakat Kabupaten Cianjur dapat bermanfaat dan mendukung pemulihan kondisi agar dapat kembali normal seperti sediakala,” imbuhnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner