Pembangunan Embung

Pemkab Tabalong Bangun 3 Embung untuk Pasokan Air Pertanian

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong membangun tiga embung untuk mencukupi pasokan air bagi lahan pertanian. 

Featured-Image
Salah satu kawasan hortilkultura di Kabupaten Tabalong. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong membangun tiga embung untuk mencukupi pasokan air bagi lahan pertanian. 

Kepala Bidang Prasarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH) Kabupaten Tabalong, Rahmani menjelaskan pembangunan embung di Desa Muang, Desa Teratau dan Desa Binturu.

"Bantuan dana APBN 2023 tahun ini berupa pembangunan tiga embung," kata Rahmani di Tabalong, Sabtu (6/5).

Rahmani mengungkapkan tiga embung itu untuk mendistribusikan dan menjamin ketersediaan pasokan air bagi keperluan tanaman ataupun ternak saat musim kemarau maupun penghujan.

DKP2TPH Tabalong juga bakal mengoptimalkan pemanfaatan embung di Desa Nawin Kecamatan Haruai melalui sistem pompanisasi.

Embung Desa Nawin yang dibangun 2019 ini sebelumnya mampu menampung air sekitar 8.000 kubik dan mengairi areal persawahan seluas lebih dari 60 hektare.

"Optimalisasi Embung Desa Nawin rencananya menggunakan dana APBD Kabupaten Tabalong," tutur Rahmani.

Desa Nawin sebagai salah satu kawasan pengembangan kampung hortikultura yang dilaksanakan mulai tahun ini. Termasuk Desa Seradang, Desa Bongkang, Desa Hayub dan Desa Wirang Kecamatan Haruai menjadi sasaran program kampung hortikultura di Tabalong.

Sebelumnya, pengembangan kampung hortikultura untuk mendukung Kabupaten Tabalong menjadi kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mencakup Desa Lok Batu, Desa Masingai I, Desa Masingai II, Desa Kembang Kuning dan Desa Catur Karya.

Editor
Komentar
Banner
Banner