Regional

Pemkab Purworejo Siapkan Program Mudik Gratis 2023 untuk Warganya di Jakarta

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mengakomodir program mudik gratis untuk warganya yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada libur lebaran 2023.

Featured-Image
Ilustrasi mudik Lebaran. (Foto: Dok. Gaikindo)

bakabar.com, PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mengakomodir program mudik gratis untuk warganya yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada libur lebaran 2023.

"2023 menyiapkan 3 bus masing-masing bermuatan 50 penumpang, sehingga total yang dikomodir ada 150 orang," kata Kepala Dishub Kabupaten Purworejo, Hery Raharjo, Kamis (30/3).

Menurut Hery, bus tersebut rencananya akan diberangkatkan pada 17 April 2023.

"2022 kami juga menyiapkan 3 bus dan itu ada beberapa kursi yang kosong," jelasnya.

Baca Juga: Saat Ramadan, Konsumsi Gas Rumah Tangga dan UMKM Naik 15 Persen

Namun demikian, ia memprediksi, pada 2023 semua kursi penuh (pendaftar berangkat semua) karena situasi sudah kondusif dan normal.

Hery mengatakan, program mudik gratis pada 2023 ini menggunakan dana APBD Kabupaten senilai Rp 64.000.000.

"Kami hanya menyiapkan armada mudiknya saja, artinya, Pemkab Purworejo tidak menyiapkan bus untuk arus balik," tuturnya.

Oleh karena itu, keberangkatan arus balik akan ditanggung masing-masing perantau.

Baca Juga: Sarana Edukasi Bagi UMKM, Bank Kalteng Manfaatkan Pasar Ramadan

Terkait teknisnya, Hery menjelaskan, puluhan atau ratusan armada bus dari 35 Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah akan menempati titik kumpul di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Lebih lanjut, ia menuturkan, rombongan pemudik se-Jawa Tengah itu nantinya akan diberangkatkan secara serentak ke daerah masing-masing.

"Termasuk armada bus yang mengangkut para pemudik dari Jakarta ke Kabupaten Purworejo akan dibawa pulang secara beriring-iring," jelasnya.

Sudah Dibuka Sejak 13 Maret

Hery menceritakan, pendaftaran program mudik gratis tersebut telah dibuka sejak 13 Maret 2023.

"Hanya dalam waktu tiga hari kuota yang tersedia telah penuh.  Pendaftaran dan pencarian penumpang itu telah dikoordinasikan dengan pihak paguyuban warga Purworejo di Jakarta," imbuhnya.

Baca Juga: Dinsos DKI Didesak Segera Cairkan Bansos Saat Ramadan

Sebagai informasi, mudik gratis ini program tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sehingga penyediaan armada busnya dibebankan oleh masing-masing Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah.

"Program mudik gratis ini sudah kami persiapkan sejak awal agar sukses dan lancar," tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner