Pemkab Kapuas

Pemkab Kapuas Asah Kemampuan Pengrajin Rotan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengikuti pelatihan diversifikasi produk kerajinan…

Featured-Image
Seorang pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas saat diajari cara membuat lemari dari bahan rotan dalam pelatihan diversifikasi produk kerajinan anyaman rotan. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengikuti pelatihan diversifikasi produk kerajinan anyaman rotan, Senin (15/11).

Pelatihan yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disdagperinkop) Kapuas tersebut berlangsung di sentra kerajinan rotan UD Nabil Raihan Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat, Kapuas.

Kepala Bidang Industri Disdagperinkop Kapuas, Fendinan Junarko mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para pengrajin rotan yang memang telah dibina oleh pihaknya selama ini.

“Jumlah pesertanya ada 20 orang, mereka memang sudah kita bina selama ini sejak tahun 2014. Jadi, kita latih terus mereka sehingga terus berkembang,” katanya.

Ferdinan bilang dalam pelatihan ini para peserta selain diberikan bimbingan secara teknis bagaimana mengolah, juga diajari cara memproduksi sampai finishing.

“Produk kerajinan rotan yang dihasilkan dalam pelatihan ini adalah pembuatan lemari dari rotan, cermin, tempat tisu, pot bunga dan produk lainnya yang semuanya dibuat dari hati rotan,” ujarnya.

Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk menumbuhkembangkan lagi semangat para pengrajin dan upaya pemulihan perekonomian khususnya di Kabupaten Kapuas.

“Kebetulan permintaan terhadap produk-produk kerajinan rotan, khususnya untuk produk rumah tangga itu sekarang mulai meningkat. Untuk itulah para pengrajin kita bina kembali,” pungkas.



Komentar
Banner
Banner