Regional

Pemkab Jember Sediakan Angkutan Mudik Gratis Bagi Warganya di Jakarta, Cek Link Pendaftarannya

Buat warga Kabupaten Jember yang sedang berada di perantauan Jakarta, Pemkab menyediakan program mudik gratis untuk pulang kampung pada 18 April 2023.

Featured-Image
Kepala Dinas Perhubungan Jember Agus Wijaya (Foto: apahabar.com/M Ulil Albab)

bakabar.com, JAKARTA - Warga Kabupaten Jember yang sedang berada di perantauan Jakarta, Pemkab Jember menyediakan program mudik gratis untuk pulang kampung pada 18 April 2023.

Tidak hanya tujuan Jakarta-Jember, program mudik gratis ini juga diberikan untuk masyarakat asli Jember yang ingin pulang kampung tujuan Madura pada 19 April nanti. Program mudik gratis ini, masyarakat cukup melakukan pendaftaran secara online mulai 10-15 April 2023.

Dishub Jember menyediakan 3 armada dengan total kapasitas 165 kursi untuk rute mudik Jakarta - Jember, dengan keberangkatan di Terminal Pulo Gebang pada 18 April 2023.

"Berangkat dari Terminal Pulo Gebang tanggal 18 sore, ada tiga bus masing masing kapasitas 55 kursi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jember, Agus Wijaya kepada bakabar.com, Selasa (11/4).

Baca Juga: Daop 9 Jember Beri Diskon 20 Persen untuk Tiket Kereta Relasi Cirebon dan Cilacap

Agus mengatakan program mudik gratis ini sudah rutin dilakukan tiap tahun. Setelah pandemi Covid-19 mereda, kapasitas pemudik asal Jember ditambahkan. Selain itu, pihaknya juga melakukan poling daerah tujuan mana yang paling banyak permintaan.

Karena itu, Dishub Jember memberikan program mudik gratis dari Jakarta ke Jember, kemudian dari Jember ke sejumlah wilayah di Pulau Madura. Apalagi, 56,4 persen masyarakat Jember merupakan suku Madura.

"Ini berdasarkan poling permintaan masyarakat, ada yang minta Surabaya, Jakarta, macam macam," ujarnya.

Baca Juga: Tiket Mudik Hampir Habis, 59 Kereta Api Daop 9 Jember Siap Beroperasi

Sementara itu, untuk masyarakat asli Jember yang ingin memanfaatkan program mudik gratis ini bisa mendaftar secara online melalui link https://bit.ly/MudikGratisJember2023.

Pada formulir pendaftaran online tersebut calon peserta di minta untuk mengisi, nama, nomor induk dan jenis kelamin sesuai KTP atau KK. Tak hanya itu, calon peserta mudik juga diminta untuk mengisi nomor telepon dan email yang masih aktif. Peserta juga dipastikan sudah melakukan vaksinasi booster.

Setelah melakukan pendaftaran secara online, peserta wajib melakukan verifikasi di Kantor Dishub, khusus pemudik Jember - Madura.

Baca Juga: Tiket Kereta Angkutan Lebaran Idul Fitri, Daop 9 Jember Tersisa 57 Persen

Sementara untuk mudik dari Jember menuju Madura, ada sejumlah kota tujuan antara lain Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep dengan titik keberangkatan di Alun alun Jember pada 19 April 2023.

"Total bus yang kami sediakan ada 2, total 110 kursi untuk tujuan Madura," katanya.

"Tanggal 17 mereka harus verifikasi di online untuk daftar ulang lagi. Tanggal 18 juga ada pesawat, tapi bukan gratis Jember-Sumenep kalau misalkan mau lebih cepat," tambahnya

Editor


Komentar
Banner
Banner