Tak Berkategori

Pemkab HSS Gelar Lomba Baca Puisi Perjuangan untuk Pelajar Via Daring

apahabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan (Disdik)…

Featured-Image
Lomba membaca teks proklamasi yang digelar Bidang Kebudayaan, Disdik HSS beberapa waktu lalu. Foto-dok/Kominfo HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten HSS mengadakan lomba membaca puisi perjuangan untuk pelajar.

Lomba itu dapat diikuti pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten HSS.

Lomba dilakukan secara daring, yakni puisi dibacakan dan direkam dalam bentuk video. Video dan data diri pendaftar, dikirim ke email kalselkebudayaanhss@gmailcom.

Peserta maksimal mengirim 1 video, serta tiap sekolah maksimal mengirim 3 perwakilan siswanya.

Video direkam secara langsung, bukan dubbing atai lipsing, tanpa latar musik. Diperbolehkan dalam ruangan maupun luar ruangan.

Puisi yang dibacakan sudah disediakan panitia pelaksana.

Pendaftar lomba diwajibkan mem-follow akun instagram @museumrakyatofficial dan menambahkan teman pada akun facebook 'Bidang Kebudayaan HSS.

Batas akhir pengiriman video maksimal 30 September, pemenang akan diumumkan pada 6 Oktober melalui akun facebook dan grup whatsapp kepala sekolah dan pengawas se Kabupaten HSS.

Juara 1,2,3 dan harapan 1 kategori putera dan puteri dari pemenang lomba akan mendapatkan piagam, torfi dan uang pembinaan.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disdik Kabupaten HSS Sri Wiyono menjelaskan, lomba itu merupakan program publik Museum Rakyat HSS.

Wiyono mengungkapkan, HSS dikenal sebagai daerah perjuangan, dan koleksi Museum Rakyat HSS didominasi oleh koleksi sejarah perjuangan.

“Sehingga dipilihlah puisi-puisi perjuangan yang dilombakan, dengan harapan dapat menambah pengetahuan terhadap perjuangan, dan memupuk rasa cinta terhadap daerahnya dan Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkannya, lomba itu juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan ke museum. Mengingat dalam situasi pandemi Covid-19, maka dilaksanakan secara virtual.

“Diharapkan siswa-siswi kita setelah pandemi berlalu, berbondong bondong mengunjungi Museum Rakyat HSS,” pungkasnya.

Editor: Syarif

Komentar
Banner
Banner