Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Kini Punya Laboratorium Kesehatan dengan 6 Pelayanan

Pemkab Banjar kini punya UPT Laboratoriun Kesehatan Daerah (LABKESDA) dan Public Safety Center (PSC) 119 Intan Banjar, dengan enam pelayanan.

Featured-Image
Bupati Banjar Saidi Mansyur menandatangani prasasti menandai diresmikannya UPT Labkesda Banjar. foto-MC Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Pemkab Banjar kini punya UPT Laboratoriun Kesehatan Daerah (LABKESDA) dan Public Safety Center (PSC) 119 Intan Banjar, dengan enam pelayanan.

Gedung dua lantai senilai Rp4,7 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) itu baru saja diresmikan oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang berlokasi di Komplek Pangeran Antasari (Kompas) Kelurahan Jawa, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (12/7).

Enam pelayanan tersebut secara umum yaitu, pemeriksaan laboratorium klinik, pemeriksaan narkoba, pemeriksaan KIR kesehatan dan medical chek up, pemeriksaan kualitas air, pemeriksaan mikrobiologi air bersih, air minum & makanan, dan pemeriksaan kualitas makanan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar, Yasna Khairina, UPT Labkesda ini selain meng-upgrade bangunannya menjadi lebih representatif juga menambah beberapa pelayanan yang sebelumnya belum ada.

"Kalau dulu hanya pemeriksaan kualitas air sekarang klinik kesehatan pun bisa, misalnya medical check up seperti periksa kolestrol, gula darah, dan sekarang kami juga bekerja sama dengan BPJS," ujar Yasna.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, UPT Labkesda dan PSC 119 Intan Banjar ini punya peran penting dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dengan peningkatan sarana berupa gedung dan peralatan yang dilengkapi dengan SDM yang terampil, diharapkan pelayanan kesehatan di Bumi Barakat ini semakin baik.

"Ada beberapa layanan medical check up dan uji laboratorium yang selama ini harus mencari ke tempat lain, sekarang sudah bisa di tempat ini, karena fasilitas penunjangnya sudah lengkap," ucap Saidi.

Saidi secara khusus meminta, agar SDM-nya juga selalu meningkatkan kapasitasnya dengan melakukan pelatihan secara berkala.

"Termasuk menjaga kerjasama erat dengan berbagai pihak terkait, sehingga dapat memberikan layanan optimal dan responsif kepada masyarakat,” harapnya.

Saidi juga meminta agar semua fasilitas dan bangunan baru dijaga dan dipelihara sebaik-baiknya. Sehingga manfaatnya dapat benar-benar dirasakan masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Banjar Tingkatkan Kapasitas Anggota BPD Awasi Kinerja Kades

Editor
Komentar
Banner
Banner