Nasional

Pemerintah Indonesia Kebut Distribusi 679.000 APD

  apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia telah mendatangkan lebih dari 679.000 alat pelindung diri (APD). Dari…

Featured-Image
Ilustrasi APD. Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah mendatangkan lebih dari 679.000 alat pelindung diri (APD). Dari angka tersebut, sebanyak 200.000 didistribusikan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19Achmad Yuriantomenyebutkan, APD itu akan dikirim ke provinsi lain setelah sejumlah provinsi di Sumatra menerima.

Selain APD, pemerintah menampung pendaftaran sebanyak 18.000 relawan medis dan nonmedis yang bersedia terjun untuk menanganiCovid-19ini. Donasi juga dikumpulkan dari masyarakat umum. Per hari ini, jumlah bantuan yang terkumpul menyentuh Rp 83 miliar.

“Lebih dari Rp 83 miliar telah diterima yang merupakan paritisipasi masyarakat, termasuk warga diaspora di luar negeri,” ujarnya.

Kendati jumlah APD dan donasi terus mengalir, Yurianto menegaskan bahwa ujung tombak pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan Covid-19 adalah masyarakat sendiri. Ia pun meminta masyarakat untuk menggunakan masker kain setiap keluar rumah.

Sementara masker medis dan masker N96 diperuntukkan untuk petugas medis. “Rajin-rajin cuci tangan pakai sabun, juga hindari kerumunan,” katanya lagi.

Data per Rabu (8/4), jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia menyentuh 2.956 orang. Dari angka tersebut, 240 pasien meninggal dunia dan 222 orang sembuh.

Artinya, rasio kematian terhadap jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 8,11 persen. Total kasus positif yang nyaris 3.000 ini didapat tak sampai 1,5 bulan sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh pemerintah.(rep)

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner