Pemkab Kapuas

Pemdes Tumbang Mangkutup Kembangkan Program Perikanan, Sekda Kapuas Septedy: Saya Bangga

Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng saat ini sedang gencar membangun untuk menjadi desa pengembangan wisata perika

Featured-Image
Sekda Kapuas Septedy saat berkunjung ke Desa Tumbang Mangkutup. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng saat ini sedang gencar membangun untuk menjadi desa pengembangan wisata perikanan terpadu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Septedy pun menyatakan bangga dengan Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup kerena sangat inovatif dan kreatif dalam melaksanakan pembangunan desa.

"Saya pikir ini Kepala desanya sangat luar biasa, sangat inovatif dan kreatif. Beliau juga memiliki leadership yang bagus," katanya saat menghadiri peringatan Hari Jadi Ke 11 dan HUT Ke 3 Pemdes Tumbang Mangkutup, Minggu (2/7/2023).

Terbukti lanjut Septedy, Badan Permusyawarahan Desa (BPD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) setempat bisa digerakan. Tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi desa itu sendiri.

"Apalagi kalau ruas jalan di desa ini tembus, ini sangat berbeda dengan desa lainnya. Jadi, saya sangat bangga dengan desa ini," kata Septedy.

Dirinya pun berharap Desa Tumbang Mangkutup menjadi percontohan desa-desa lainya bahwa alam bisa dikelola dengan baik sepanjang punya niat.

"Termasuk memiliki leadership yang bagus dan bisa mengelola sumber daya yang ada," ujar Septedy.

Sementara itu Kades Tumbang Mangkutup Suriato, mengatakan desanya memprioritaskan untuk menjadi desa pengembangan wisata perikanan terpadu.

"Disini ada sebanyak 8 kolam ikan yang disediakan dan ini akan dikembangkan. Kolam ini milik desa yang pengelolaannya oleh badan usaha milik desa," kata Suriato.

"Jadi, ada delapan kolam dan delapan jenis ikan yang kami kembangkan secara budidaya bersama," imbuhnya.

Selain itu Pemerintah Desa Tumbang Mangkutup juga mengembangkan program keramba apung yang di kelola langsung oleh kelompok perikananan desa setempat.

Editor


Komentar
Banner
Banner