Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan Infrastruktur, Menkeu: Jadikan Indonesia Negara Maju

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri side event G20 di India terkait Infrastructure Investors Dialogue, di Ghandhinagar India.

Featured-Image
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam pertemuan dengan para pimpinan jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak di Jakarta, Rabu (12/07/2023). Foto: Kementerian Keuangan

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri side event G20 di India terkait Infrastructure Investors Dialogue, di Ghandhinagar India.

Ia menyampaikan, pentingnya pembangunan infrastruktur merupakan komponen penting bagi negara berkembang seperti Indonesia.

Menurut Menkeu, infrastruktur yang mumpuni mampu membawa Indonesia keluar dari middle income trap, yakni kondisi di mana suatu negara berpenghasilan menengah tidak bisa keluar menjadi negara maju.

"Hadirnya UU HKPD untuk mendukung Pemda meningkatkan infrastruktur publik, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja, juga menurunkan ketimpangan sosial", kata Sri dalam keterangannya, Senin (17/7).

Baca Juga: Peran Vital G7 dan G20, Sri Mulyani: Bantu Negara Berkembang Atasi Krisis

Pemerintah Pusat, lanjut Sri, juga memberikan akses kepada Pemda untuk mendapatkan pembiayaan infrastruktur daerah melalui soft loan BUMN. Tak hanya itu, Menkeu menjelaskan pada presidensi G20 Indonesia tahun lalu, pemerintah telah memperkenalkan ESG Framework for Infrastructure Financing. 

Pada pertemuan tersebut, ungkap Menkeu, menghasilkan umpan balik dan dukungan positif dari banyak mitra pembangunan.

"Program ini berperan penting mendukung pertumbuhan ekonomi di masa pandemi, melalui public-private financing, hingga akses ke pasar modal melalui obligasi dan sukuk daerah", jelasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner